KAYANGAN TEBING ALFATH - Wisata Baru Semarang, Berwisata dan Beramal

Wow, Kayangan Tebing Alfath merupakan Destinasi Wisata Baru di Kabupaten Semarang yang berlokasi di Dusun Tompo Gunung, Desa Kalongan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah.


Kayangan Tebing Alfath Kalongan


MUDIK ATAU DOLAN

Masih pagi jam 05.00, nah masih bingung nih mau jalan-jalan alias dolan atau mau mudik pulang kampung, haduhhh, kerja selama 6 hari memang melelahkan gaes, jadi cuma hari minggu satu-satunya hari penting untuk refreshing, tapi jadi galau nih ceritanya kalau udah urusan mudik atau dolan hahaha.

Karena mudik itu wajib, dan dolan itu hobi tapi juga penting, akhirnya saya ambil jalan tengah deh, yak dolan dulu pagi-pagi terus mudik. Langsung aja telepon si Eka yang sepertinya juga mau mudik dia dak kebetulan jalan mau dilewati ini nanti satu tujuan sama aku & Eka.

Jam 06.00 saya tancap gas menuju lokasi via Jalan PTPN Ngobo, yang berada disamping Pasar Karangjati-Ungaran, kalau dari arah Ungaran ya ancer-ancernya PT. Morich Indo Fashion maju dikit kemudian belok kiri.

Nah karena lokasi wisata yang ingin kami kunjungi ini berada di Dusun Tompo Gunung di Desa Kalongan, jadi sebenarnya bagi sobat-sobat yang berangkat dari arah Semarang bisa menuju lokasi via Alun-Alun Bung Karno di Kalirejo.


KEBUN KARET HIJAU

Yak kembali ke poin Jalan PTPN Ngobo yang juga merupakan jalan alternatif ke Demak, Kudus atau Purwodadi karena nantinya akan sampai di Mranggen. Nah di jalan ini pula, kita akan melewati PT. Ara Shoes atau sering disebut Arakon dan PT. Samkyung.

Setelahnya kita masuk Desa Wringin Putih ke arah Desa Kalongan yang mana jalannya asik banget gaes, walau siang hari pun, tetap aja tidak terasa panas dan mata tidak bosan. Yak karena di sepanjang jalan kita kan menemukan pepohonan yang berjajar rapi dan enak dilihat. Pohon-pohon ini adalah Perkebunan Karet milik PTPN Ngobo. Pohon Karet hijau ini tumbuh memanjang sampai batas Desa Wringin Putih.

Di penghujung batas, sebelum memasuki Desa Kalongan, ada spot foto hits yang seringkali dikunjungi ataupun dijadikan tempat nongkrong anak-anak muda, bahkan sering dijadikan spot foto selfie dan prewedding karena bentuk uniknya dari sebuah jalan yang sebelah kanan dan kirinya dibatasi oleh pepohonan.


KAYANGAN TEBING ALFATH

Setelah mengikuti jalan, kita akan sampai pada sebuah pertigaan, yang mana jika ke kanan adalah ke arah Mranggen-Demak, sedangkan ke arah kiri adalah ke arah Alun-Alun Ungaran. Disini kita langsung belok kiri karena sudah ada papan petunjuk wisatanya, kemudian sekitar 10 meter, kita belok kanan dan masuk ke Dusun Tompo Gunung.

Dari jalan masuk ke Dusun Tompo Gunung, sekitar 1 Km, kita akan menjumpai Lapangan disebelah kanan jalan setelah kompleks perumahan. Nah wisata Kayangan Tebing Alfath berada di samping kiri, berhadapan dengan lapangan.

Kebun Bungan Alfath Tompo Gunung

Karena hari ini adalah Soft Opening dan sepertinya saya dan Eka terlalu pagi sekali hehe, jadi masih sepi gaes, yupps tapi gak masalah karena kita mau mudik. Langsung saja kami parkir motor di area parkir yang berada di lapangan tadi sobat.

Untuk tiket masuk sebesar Rp. 5000 rupiah, dan info buat teman-teman semua, selain kita datang kesini untuk berwisata, uang dari hasil penjualan tiket tadi juga digunakan untuk pembangunan Masjid Al Fattah yang juga didirikan di area wisata, sehingga secara tidak langsung kita juga ikut beramal untuk terwujudnya Masjid Al Fattah.

Saya sempat melihat Tumpeng dan makanan lainnya yang akan digunakan untuk acara peresmian wisata Kayangan Tebing Alfath yang akan dihadiri Kepala Desa setempat, hehe jadi saya dan Eka benar-benar terlalu pagi ya datangnya haha.

Wajah-wajah masyarakat disini mungkin tidak terlalu asing ya dengan wajag saya, hehe karena dulunya saya juga yang membuat video wisata Curug Gending Asmoro yang masih satu RW dengan wisata Tebing Alfath.


SPOT FOTO

Wisata ini dipenuhi dengan tanaman bunga warna-warni yng begitu elok yang ditata sedemikian rupa. Selain itu juga terdapat kolam yang terhubung dengan jembatan yang dicat berwarna-warni. Ditengah kolam dibangun sebuah tempat berteduh mirip payung raksasa yang dibuat dari jerami kering. 

Tebing Alfath Wisata Baru Ungaran

Kemudian disamping area kolam terdapat spot foto dengan view pemandangan yang luas seperti sabana hijau yang mana dikejauhan terdapat bangunan perkotaan yakni Kota Semarang dan wilayah Kabupaten Demak. Jalan Tol Solo-Semarang pun juga kelihatan lho dari sini.


MASJID AL FATTAH

Berdasarkan keterangan dari Bapak Rowiyan (Seksi Pemberdayaan & Pemakmuran Masjid), Mbah Muhadi (Takmir Masjid) dan Raden Mas Sutikno (Wakil Takmir Masjid), nama Kayangan Tebing Alfath sendiri diambil dari nama Kayangan yang berarti tempat tinggi, Tebing yang berarti tempat curam/ miring dan Alfath yang diambil dari nama Masjid Al Fattah adalah sebuah tempat yang lokasinya berada ditempat tinggi dan miring yang disini dibangun sebuah masjid bernama Al Fattah.

Masjid Al Fattah adalah nama masjid yang berada di Dusun Tompo Gunung yang juga masjid utama untuk ibadah masyarakat Dusun Tompo Gunung di tengah Dusun. Karena ukurannya yang kecil (9x9) dan seringkali tidak bisa menampung seluruh warga saat Solat di Hari Raya, akhirnya dibuatlah Masjid Al Fattah baru yang berada di kawasan tebing ini. Sehingga disebutlah wisata amal, karena kunjungan wisatawan yang datang ke Kayangan Tebing Alfath, sebagian dana dari penjualan tiket wisata akan digunakan untuk pembangunan Masjid ini.

Gagasan untuk pembangunan masjid Al Fattah dan dalam pelaksanaanya sudah berlangsung selama satu tahun ini. Dana pembangunan masjid diambil dari bantuan warga setempat dan beberapa bantuan dari luar, hingga kemudian dibuatlah ide untuk pembangunan wisata Kayangan Tebing Alfath agar berdirinya masjid Al Fattah segera direalisasikan.

Area wisata sendiri juga lebih besar dari masjid Al Fattah, bahkan masih ada tempat yang lumayan luas untuk perluasan area wisata, mengingat luas yang digunakan untuk area masjid dan area wisata adalah satu hektar.

Nah untuk info lengkap dan jika sobat penasaran dengan wisata Kayangan Tebing Alfath, silahkan tonton video dibawah



Belum ada Komentar untuk "KAYANGAN TEBING ALFATH - Wisata Baru Semarang, Berwisata dan Beramal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel