SAMURAI X HOKKAIDO ARC akhirnya terbit di Indonesia

 Siapa sih yang gak tahu dengan karakter Kenshin dari Samurai X ?, atau Rurouni Kenshin dalam judul originalnya di Jepang sana. Nah mengawali tahun 2023, elexmedia menerbitkan judul baru yang juga lanjutan dari Samurai X, kek gimana komiknya ?, simak review berikut.

Samurai X Hokkaido Arc
Rurouni Kenshin Hokkaido Arc Cover


■ Overview

Samurai X adalah nama yang diambil dari luka berbentuk X karakter utama komik ini yang bernama kenshin. Jika kalian sudah nonton filmnya  komik ini bisa dibilang bakal jadi lanjutannya.

Samurai X Hokkaido Arc adalah buku ke empat setelah sebelumnya ada serial Samurai X 28 Volume Reguler, Restoration 2 Volume dan Master Of Flame 1 Volume. Hanya Master Of Flame yang belum terbit di Indonesia.

Ide Hokkaido Arc sebenarnya sudah digagas oleh Nobuhiro Watsuki setelah Serial Samurai X berakhir tahun 1999, namun karena ia punya project judul manga baru, akhirnya serial Samurai X saat itu berakhir.

Akhirnya ide - ide baru mulai menginspirasinya setelah ia ikut andil dalam film Rurouni Kenshin The Final - The Beginning kemarin. Ia ingin karakter kenshin stetap menjadi karakter unik seperti luffy dan naruto dengan sifat kepahlawanannya. Meski tren mengeksplorasi kematian di manga - manga baru seperti AOT, Demon Slayer dan Jujutsu Kaisen bisa menjadi pertimbangan untuk lebih hype, Watsuki tetap membuat kenshin menjadi sosok penyelamat musuhnya di Hokkaido Arc ini.

Terkait dari masalah authornya yang bikin komik ini sempat mandek, kita kesampingkan aja dan kita ambil sisi bagusnya aja yakni komik ini berlanjut.



■ Appearance

Yuhuu komik ini berjudul Samurai X  dengan sub judul Hokkaido Arc yang berarti setting tempur komik ini nanti akan berpindah ke Hokkaido, salah satu prefektur di Jepang

Kali ini Nobuhiro Watsuki di bantu oleh istrinya Kaworu Kurosaki, bukan Ichigo Kurosaki yak.. btw Kaworu istrinya ini dulu apa yang menginspirasi nama karakter Kaoru Kamiya istri Kenshin yak ?, hasshj emboh lah sesuk digenahke lur.

Komik ini diterbitin oleh Elexmedia Komputindo membuka judul baru komik manga yang terbit di Indonesia tahun 2023.

Komik serial ini sekarang sudah mencapai 8 Volume dengan status ongoing sejak diserialisasi tahun 2017

Seperti sebelumnya, komik ini masuk komik cowok mengadopsi demografi shonen dari sononya. Ratingnya 15+ yang bisa dibaca remaja menuju dewasa, hmm tepat sih. Untuk harganya Rp. 50.000, bang Dar dapet harga 40rb an aja, yang mau beli nanti cekidot linknya

Covernya komik ini masih sama dengan sebelum - sebelumnya, yakni glosy dengan gambar tokoh utama dan baru yakni kenshin dan Ashitaro Hasegawa. Untuk kertasnya pake jenis bookpaper full bnw, ada 1 pin up pagenya yang berwarna yang tentunya pasti komik premium yah.

Dimensi komik 25x12x1cm.



■ Content

Well komik yang punya sejarah merubah arah baca komik manga di Indonesia ini arah bacanya kiri kekanan ala manga dengan genre adventure, martial arts, action. Hmm apakah Drama dan Romance bakal ikut nimbrung seperti kisah sebelumnya ?, kayaknya gak deh, but kita liat aja ntar di volume2 selanjutnya.

Masih mempertahankan seni bela diri seperti sebelumnya, yang gak terlalu over punya ilmu - ilmu sakti ala supranatural

Temanya tentunya masih sama di dunia Samurai atau Chanbara.

Pembukaan komik langsung dikasih Pin Up Page dong, okehh ggood. Kemudian terdapat konten yang berisi 5 bab termasuk 2 prolog dengan total 198 halaman. Eh tapi gak ada nomor halamannya yak.

Panel dari Nobuhiro Watsuki ini punya sesuatu yang khas, cuma kotak - kotak gitu tapi banyak banget variasinya, yang kadang ada glutternya kadang panel kecil menimpa panep besar lainnya, but masih bisa dibaca dengan enak

Artsylenya semi realis, yang gw suka proporsi tubuh setiap karakternya pas dan bagus. Gambarnya halus, detil dan jelas. Pemakaian tone bervariasi dan apik dengan tetap mengkobinasi bakat alami tangannya dengan sedikit sentuhan arsiran yang kerasa teksturnya.

Yang paling gw suka adalah backgroundnya, selalu maksimal dan detail sekali, serasa melihat background mantan asistennya, eiichiro oda di komik one piecenya. Bedanya objek Oda ada kartunnya dan pedangnya gak pernah dibikin pake penggaris

Nah siapa aja tokoh yang muncul disini
Tokoh Utama : Kenshin, Kaoru, Yahiko, Kenji, Ashitaro, Alan dan Asahi
- Tokoh Antagonis : Kenkaku Heiki

● Spill premisnya yak Bercerita tentang kehidupan Ashitaro mantan anak buah Makoto Shisio yang juga membawa pedang apinya, bersama Alan anak westernisasi yang diincar pemberontak setelah keluar dari penjara. Kesana kemari terlunta - lunta dan penuh keributan hingga akhirnya terdampar dan menjadi murid Dojo Kamiya tempat keluarga Kenshin berada.

Usut punya usut, ternyata Ayah Kaoru masih hidup dan berada di Hokkaido yang sekarang juga sedang bermasalah dengan adanya kelompok berbahaya bernama Kenkaku Heiki sampai Hajime Saito harus turun tangan. Well akankah kelompok Kenshin menemukan ayah Kaoru tanpa tahu menahu jika di Hokkaido, kelompok jahat menanti mereka ?

Wuihh bakalan ada perang besar nih di Hokkaido, melihat sosok Ashitaro dan Alan yang muncul di 2 prolog komik ini, gw yakin sosok kenshin disini bakalan ditampilkan heroic dengan dibantu tokoh baru tersebut, khususnya Ashitaro dengan pedang milik Shisio.

Asiknya komik Samurai X itu adalah musuh jadi teman, teman ngebantu perang, perang jadi gak ngadi - ngadi gitu ribuan orang masak dibantai sendiri haha, disitulah asiknya teman membantu dan main keroyokan dulu huhuhu.

Dari segi cerita bagus nih semoga gak mengecewakan, meski lumayan lama karena ada sesi perkenalan dan ulasan karakter, tapi gak bikin borring karena selalu disisipi action di beberapa chapternya

● Pacingnya menurut gw juga pas, maksudnya gak cepet - cepet dan gak lambat - lambar amat ngupas karakternya. Walau pas action memang cepet sih, apalagi matinya karakter antagonisnya hahaha, soalnya belum musuh utama sih

●Untuk alur cerita sementara ini oke, tapi udah bisa ketebak nantinya bakal ngumpul semua di hokkaido, termasuk Enishi yang jadi musuh kuatnya Kenshin saat Final, gw yakin bakal muncul juga ngebantu. Untuk karakter Ashitaro, Alan dan Asahi (triple A wkwk) ini dibuat mirip karakter di Komik Watsuki Gun Blaze West. Selain itu entah kenapa si Ashitaro ini kek mirip Gintama. Walaupun sebaliknya, author Gintamalah yang terinspirasi dari Komik Kenshin. Ashh mboh lah haha. Eitts, kamado tanjiro dari Demon Slayer pun dipengaruhi desain kenshin yang seorang samurai dengan bekas luka untuk menyeimbangkannya.



■ Conclusion

Overall, demi fans bikin komik lagi sampe bikin cerita yang seharusnya udah tamat itu susah, tapi cinta sama fans ini yang bikin samurai x mendunia, kata Om Eichiro Oda sih. Btw, untuk volume pertama ini kita memang dipaksa mengenal tokoh baru di 2 bab, agak borring sih tapi karena dikemas bagus, akhirnya bisa nyaman sampe masuk chapter utama. Buat kalian yang suka komik banyak teks tapi juga banyak gambarnya, banyak perangnya tapi juga balance jurus - jurusnya, komik ini layak kalian baca. Disisi lain juga ada nilai historical dan martial artnya, so harus lah dibeli.

Nah buat temen - temen yang pingin tahu score dari komik ini silahkan lihat video reviewnya dibawah ini ya, terima kasih.




Belum ada Komentar untuk "SAMURAI X HOKKAIDO ARC akhirnya terbit di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel