CANDI JOGLO SEMAR - Wisata Purwodadi Rasa Wisata Bali

Pandemi masih berlangsung hingga hari ini, detik ini. Apakah sobat - sobat semua ada yang mendadak ngimpi ingin main ke Wisata Bali ?, hehe. Nah kalau sobat ingin merasakan sensasi Wisata Bali baik dari arsitekturnya, musiknya dan budayanya, rekomendasi Wisata Purwodai berikut ini pastinya cocok untuk sobat kunjungi tanpa harus jauh - jauh ke Bali.

CANDI JOGLO SEMAR - Wisata Purwodadi Rasa Wisata Bali

CANDI JOGLO SEMAR

Namanya Candi Joglo, atau Candi Joglo Semar nama populernya sekarang. Saya pernah kesini sekitar 2 tahun yang lalu ketika istri saya masih hamil muda dan belum tahu jika ternyata istri saya sudah hamil hehe. Sekarang saya mampir kesini lagi bersama saya dan dua buah hati saya. 

Kebetulan lokasi Wisata ini juga sangat dekat dengan rumah istri saya, sehingga saya bisa menuju kesini saat tidak begitu ramai pengunjung, karena di hari - hari terntentu, tempat ini sangat ramai pengunjung oleh Wisatawan lokal maupun diluar Grobogan.

Tempat yang berada di Dusun Sukorejo, Desa Krangganharjo, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan ini ternyata banyak mengalami perubahan yang luar biasa, jika dulunya hanya ada satu tempat saja yang berupa pendopo dan candi, sekarang di sebelah barat sudah ada satu tempat lagi yang lebih luas. Bagian barat ini berupa dua Candi berwarna hitam (batu) dan merah (batu bata). 

 

Dibagian barat ini juga, terdapat beberapa Gazebo yang tertata rapi didepan 2 Candi, yang dibangun dengan view dan pemandangan sawah dengan latar Gunung Merbabu dan Merapi (jika kelihatan). Selain itu disini juga ada sebuah panggung yang pastinya digunakan untuk pentas seni maupun pertunjukan lainnya.

Lampu - lampu unik berupa Senthir dengan tiang - tiang yang terbuat dari kayu yang biasa dipakai untuk membajak sawah juga menjadi hal yang tak kalah unik. Musik yang diputar disini juga unik karena memadukan suara alam - angin, burung, ranting dengan suara gamelan bali.

 

SPOT FOTO HITS

Sebelumnya tempat foto hits yang ada disini adalah bangunan Candi yang ada di sisi timur, beberapa waktu yang lalu saya juga sempat melihat semacam spot foto seperti awan, namun sekarang sudah tidak ada, mungkin sudah diganti dengan 2 bangunan candi ini.

 

CANDI JOGLO SEMAR - Wisata Purwodadi Rasa Wisata Bali
Spot Foto Kayu Kering

Spot foto yang ada di bagian barat ini adalah Gapura Candi pertama yang berwarna hitam, kemudian tatanan kayu yang berada disebelahnya, dan terakhir Gapura Candi berwarna merah. Nah Gapura Candi berwarna merah inilah yang bagi saya terlihat unik. Warna kombinasi merah dan putih dari gapura ini dipadukan dengan warna langit yang biru sangat keren jika di abadikan dengan foto.

 

KULINER DAN EDUKASI

Wisata Candi Joglo Semar ini juga selain sebagai Wisata Edukasi, dimana terdapat berbagai koleksi senjata, pakaian, topeng, gamelan dan Fosil, juga merupakan Wisata Kuliner, dimana anda bisa mencicipi makanan khas Purwodadi.

Mengingat cuaca disini yang sangat panas, sobat pasti akan lapar dan haus hehe, sehingga datanglah di pagi hari atau sore hari. Jika di pagi hari sebaiknya datang sebelum jam 9 dan jika datang sore sebaiknya setelah jam 3.

 

CANDI JOGLO SEMAR - Wisata Purwodadi Rasa Wisata Bali
Spot Foto Gapura Candi Batu Hitam

Jika sobat kesini, nantinya sobat akan dipakaikan kain penutup pinggang dan pengikat kepala dengan membayar Rp. 20.000 + 1 foto cetak gratis. Selain itu sobat juga masih bisa menyewa aksesori lain yang tersedia disini.


AKSES MENUJU LOKASI

Untuk menuju ke Wisata ini, sebenarnya sangat mudah sekali karena lokasinya sudah ada di Google Maps, jika sobat mencari manual, ini dia petunjuknya, dari arah :

Rembang/ Blora/ Pati/ Kudus/ Jepara/ Demak/ Semarang

Ikuti jalan menuju Simpang 5 Purwodadi, kemudian ikuti arah ke Solo sekitar 7 menit hingga sobat menemukan SPBU dikiri jalan sobat. Dari SPBU ini sobat maju lagi sekitar 30 meter kemudian belok ke kanan menuju Wisata Candi Joglo Semar di Dusun Sukorejo.

Sragen/ Solo/ Klaten/ Boyolali/ Salatiga/ Magelang

Ikuti jalan menuju Gemolong via Solo atau via Boyolali - Sragen. Kemudian dari Gemolong, ikuti jalan menuju Purwodadi. Setelah sampai di Stasiun Ngrombo - Toroh, sobat maju lagi kearah Purwodadi sekitar 10 menit, kemudian belok kiri menuju Wisata Candi Joglo di Dusun Sukorejo setelah melewati Bulog.

 

VIDEO & PRESET LIGHTROOM GRATIS

Nah, semoga Wisata Alternatif untuk sobat yang ingin menikmati Wisata Bali tapi cukup di Purwodadi ini bisa menambah wawasan sobat tentang potensi Wisata di Jawa Tengah, khususnya di Grobogan. Silahkan download gratis preset lightroom Candi Joglo Semar berikut jika sobat ingin copy paste di foto sobat dan tonton video dibawah jika sobat penasaran.





Belum ada Komentar untuk "CANDI JOGLO SEMAR - Wisata Purwodadi Rasa Wisata Bali"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel