Ke Bandung Naik Kereta Api Ciremai dari Semarang

Ke Bandung naik kereta api, wihh mantap banget nih. Buat sobat semua yang belum pernah, harus dicoba, karena seru, keren dan asik. Oke ini dia perjalanan saya ke Bandung - Jawa Barat.

Kereta Api Ciremai

Pagi itu setelah subuh saya berangkat dari arah Ungaran menuju Stasiun Tawang Semarang menggunakan motor, jadinya nanti motor saya titipkan di Stasiun.


STASIUN TAWANG 

Singkat cerita saya sampai di Stasiun Tawang jam 06.00 pagi, masuk dan memarkirkan motor.  Di Stasiun Tawang saya sudah ditunggu mas Adensyah, kenalan baru yang sama-sama memenangkan lomba Vlog Kereta Api.

Mas Adensyah ini orang Jakarta, tapi dia kuliah di Unnes, Gunungpati Kota Semarang. Tiket saya udah dicetakin sama dia, jadi tinggal masuk ke Stasiun untuk naik kereta.

Jam 06.30, kami naik kereta api Ciremai Tambahan 12963 kelas Eksekutif yang akan menuju ke Bandung. Angin pagi itu masih dingin sekali, menemani perjalanan ini.


STASIUN WELERI

Baru beberapa saat setelah Stasiun Tawang, saya sudah disuguhkan pemandangan hijaunya sawah disebelah kiri. Pokoknya awesome banget dah, kursi penumpang keret a juga banyak yang kosong, jadi bisa pindah-pindah untuk mengabadikan momen.

Jam 07.13 Kereta Api Ciremai Tambahan sampai di Stasiun Weleri. Stasiun ini seperti bangunan tua, tidak terlalu tinggi dan memiliki bentuk memanjang.

Sesekali pelayan kereta lewat menawarkan makanan dan minuman dengan sopan


STASIUN PLABUAN

Karena lumayan masih pagi, saya juga bisa melihat indahnya mentari pagi ketika menengok ke belakang.


Pantai Batang


Yah, ini memang pertama kalinya saya naik kereta api ke arah Bandung, jadi wajar saya penasaran seperti apa selanjutnya.

Dan setelahnya merupakan pemandangan yang sangat menawan, karena jalur kereta api ini berada tepat di pinggir pantai, jadi sangat mengesankan.

Saya bisa melihat pemandangan laut dari dekat yang sepertinya ini adalah wilayah Batang.

Setelah deretan pantai ini ada Stasiun yang relatif kecil, namanya Stasiun Plabuan. Kereta Api Ciremai melewati Stasiun ini jam 07.28.


TOL SEMARANG BATANG

Selain pemandangan laut, disini saya juga bisa melihat Tol Semarang - Batang dari dekat, seakan balapan sama Mobil nih hehe.

Tol ini deket banget lho sobat sama Rel Kereta Api, jadi kalau mau memfotopun juga mudah. Tol ini sekitar 7 menit dari Stasiun Plabuan.

Ketika jalan tol ini mulai menjauh dari rute Kereta, terdapat pemandangan sawah lagi yang banyak sekali burung-burung Blekok disini.


BATANG

Mendekati wilayah Kota Batang, terdapat bangunan-bangunan besar yang mungkin adalah pabrik pembangkit tenaga listrik di arah utara.

Kereta ini melaju dengan sangat cepat, palang-palang persimpangan jalan juga ditutup dengan rapat dan tepat waktu.


Pembangkit Tenaga Lustrik Batang


Kereta Api Ciremai melewati pusat Kota Batang jam 07.47.


STASIUN PEKALONGAN

Sekitar 13 menit kemudian, jam 07.54 sampailah Kereta Api Ciremai di Stasiun Pekalongan. Di Stasiun ini, kereta berhenti cukup lama, sehingga saya sempatkan jalan-jalan keliling Gerbong terlebih dahulu.

Kereta Api Ciremai Tambahan kelas Eksekutif ini sangat bersih sekali tempatnya. Pintu penghubung antar gerbong juga sudah modern, tinggal pencet pintu akan terbuka.


STASIUN PEMALANG

Jam 08.24, Kereta Api Ciremai Tambahan sampai di Stasiun Pemalang. Di Stasiun ini kereta juga berhenti cukup lama.

Lagi-lagi karena Kereta berhenti, saya keliling antar Gerbong dulu. Setiap Gerbong sangat bersih, termasuk area toilet.

Disepanjang jalan terdapat beberapa Tower Telepon yang bisa saya gunakan sebagai objek untuk membuat Hyperlspse.


STASIUN TEGAL

Sampai di Stasiun Tegal jam 08.50, cepet banget dahhh hehehe. Oh iya kalau Stasiun Tegal ini lumayan besar dan sangat bersih.

Setelahnya saya sempat melihat gerbong kereta disebelah kiri.


STASIUN BREBES

Jam 09.04, Kereta Api Ciremai sampai di Stasiun Brebes. Di Stasiun ini kereta berhenti tidak terlalu lama.

Saya melihat kereta lain yang berhenti dan kereta lain yang melaju kearah semarang dari kaca jendela kereta. Sepertinya kereta yang melaju teresebut adalah kereta barang.


STASIUN CIREBON

Sekitar 1 jam kemudian, tepatnya jam 09.54, Kereta Api Ciremai sampai di Stasiun Cirebon.

Stasiun ini sangat panjang dan lumayan besar. Bangunan-bangunan menara masjid yang menjulang tinggi seakan tanda bahwa inilah Cirebon.


STASIUN CIKAMPEK

Jam 11.56, Kereta Api Ciremai sampai di Stasiun Cikampek. Di Stasiun ini kereta berhenti sangat lama sekali.

Kalau melihat dari maps, arah ke Bandung itu merupakan arah balik tapi belok, sedangkan kereta ini masih menghadap lurus kedepan ke arah Jakarta, gimana beloknya ya ?.

Nah terjawab sudah semua, dari jendela kaca terlihat beberapa pegawai KAI berjalan dan ada yang naik Gerbong Lokomotif Kereta tanpa sambungan alias kepala kereta.

Ternyata, kepala kereta tadi dipindah dan disambung dibagian paling belakang Kereta Api Ciremai. Jadi sekarang Gerbong saya menjadi yang depan.

Ups, oh iya kursi duduknya juga bisa diputar balik lhoh. Hahaha baru tahu nih saya sama mas Adensyah, jadi malu dan canggung nih.


STASIUN PURWAKARTA

Saya berusaha tidur sebentar, tapi tidak bisa sobat, karena asik menikmati cerita perjalanan ini hehe. Oh iya jam 12.42, Kereta Api Ciremai sampai di Stasiun Purwakarta.


Dipo Lokomotif Purwakarta

Stasiun ini merupakan Daerah Operasi II Bandung, didekat stasiun ini terdapat dipo lokomotif, jadi kayak bekas-bekas gerbong gitu sobat. 


PEMANDANGAN GUNUNG

Saya membeli sebuah cokelat panas dari pelayan minuman kereta agar tidak ngantuk, karena setelah mekewati Stasiun Purwakarta akan ada pemandangan yang indah kata mas Adensyah.

Dan benar juga, kereta melewati rel naik seakan naik gunung nih hehe, melewati rel berkelok juga hingga kelihatan gerbong depannya.

Setelah itu, pemandangan yang dinanti-nanti tiba, benar-benar indah. Dataran luas nan hijau dikejauhan, pegunungan yang menjulang tinggi, luasnya sawah yang hijau dan bukit-bukit.


TEROWONGAN SASAKSAAT

Didepan dari jendela kaca, saya lihat ada sebuah Terowongan besar bertuliskan Terowongan Sasaksaat, wah jadi penasaran nih.

Kereta masuk terowongan ini jam 13.37, didalam terowongan gelap banget sobat, dan lumayan lama lho.

Nah yang perlu sobat ketahui, terowongan ini dibangun tahun 1902 - 1903 lho, dengan panjang 949 meter. Wahhh pantesan lama banget ya hehe.


JEMBATAN KA CIKUBANG

20 menit kemudian terdapat sebuah Jembatan yang sangat besar, seperti melayang nih jembatan. Nama jembatan ini adalah Jembatan Kereta Api Cikubang.

Jembatan ini dinobatkan menjadi jembatan kereta api terpanjang di Indonesia lho sobat.


Pengunungan di Purwakarta

Dari arah Purwakarta memang memiliki pemandangan yang sangat luar biasa indahnya, tak terkecuali pemandangan Gunung-Gunung yang sangat menyejukkan mata.


STASIUN CILAME

Sampai di Stasiun Cilame jam 14.03, disini Kereta Api Ciremai berhenti cukup lama karena menunggu persimpangan dengan Kereta Api Serayu.

Sempat mikir kok lama banget ya, ternyata hehe. Yaudah yang penting sebentar lagi sampai Bandung.


STASIUN CIMAHI

Sampai ketiduran sebentar tahu-tahu udah sampai di Stasiun Cimahi jam 14.20 lho sobat hehe. 

Pemandangan-pemandangan kerennya udah habis nih, sekarang tinggal pemandangan gedung-gedung doang.


STASIUN BANDUNG 

Jam 14.35, Kereta Api Ciremai Tambahan sudah sampai di Stasiun Bandung. Wah benar-benar perjalanan yang sangat mengesankan dan mengasyikkan banget.

Semoga lain waktu bisa naik kereta api ke bandung lagi ya, aminn. Oh iya, silahkan lihat videonya dibawah ini ya












Belum ada Komentar untuk "Ke Bandung Naik Kereta Api Ciremai dari Semarang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel