Tari Tulungagung Reog Sri Kencono Dusun Suruhan Rogomulyo

Malam itu, pada tanggal 23 Agustus 2019 di Dusun Suruhan telah diadakan pertunjukan kesenian daerah yakni Reog Kaprajuritan yang menampilkan tari Tulungagung.


Reog Sri Kencono Dusun Suruhan Rogomulyo Kabupaten Semarang



Acara ini dalam rangka pernikahan Mas Hartanto putra Bapak Sunar. Sekitar 20 an penjual turut meramaikan pentas seni ini.

Seperti yang kita tahu, Dusun Suruhan dari dulu sudah memiliki Kesenian Lokal yakni Reog Kaprajuritan, tari reog kuda lumping yang menggunakan benthak atau pedang-pedangan. Kesenian ini berlanjut dari generasi ke generasi dan tetap terjaga hingga kini.

Paguyuban Seni Reog Kaprajuritan Sri Kencono sendiri memiliki banyak sekali jenis tarian, salah satunya Tari Tulungagung.

Tari ini menampilkan sekitar 8 hingga 12 penari yang awalnya maju keluar bersama menaiki jaran kepang. Kemudian para penari ini terbagi menjadi 2 grup dan menari dalam 2 gerakan kaki seolah mereka sedang melaju dengan kuda. Gerakan pertama agak gesit dan enerjik, sedangkan gerakan kedua sedikit santai. Semua gerakan dilakukan memutar 4 arah mata angin, dilanjutkan bertukar tempat.

Setelahnya adalah gerakan maju, ketika para penari jaran kepang ini saling berdekatan untuk bersiap-siap mengambil benthak. Beberapa benthak sudah disiapkan dibagian tengah sejumlah para penari.

Mengikuti alunan musik, selanjutnya akan terjadi perang dengan benthak tadi bersama-sama, 3 kali perang dengan gerakan maju mundur dilanjutkan perang benthak antara 2 orang penari yang sangat menarik.

Berikut video lengkapnya :



Belum ada Komentar untuk "Tari Tulungagung Reog Sri Kencono Dusun Suruhan Rogomulyo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel