Karnaval Kemerdekaan Dusun Suruhan Rogomulyo Kabupaten Semarang

Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 74 tanggal 17 Agustus 2019, Dusun Suruhan mengadakan Karnaval yang diikuti oleh seluruh warga Dusun Suruhan.

Karnaval Unik di Kabupaten Semarang

Perlu diketahui, dulunya Dusun Suruhan ikut Kecamatan Susukan, namun setelah pemekaran wilayah, akhirnya Dusun Suruhan yang berada di Desa Rogomulyo ini ikut wilayah Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Pada hari minggu tanggal 18 Agustus juga sebagai puncak acara setelah satu minggu melaksanakan Lomba-lomba dari tingkat anak-anak, anak muda dan orang tua, akhirnya dilaksanakanlah Karnaval Dusun Suruhan.

Karnaval ini merupakan karnaval pertama di Dusun Suruhan, meski begitu antusias para peserta benar-benar melebihi asumsi. Untuk karnaval Dusun yang dibagi dalam kelompok RT juga menjadi Karnaval pertama, beberapa RT membuat sesuatu yang sangat fenomenal untuk ukuran RT.

Salah satu RT yang menjadi juara 1 bernama Pak Sutomo, mengerahkan warganya dengan menggunakan kostum karnaval batik yang sangat indah berukuran raksasa, dipakai oleh beberapa peserta dari kalangan perempuan.

Sedangkan juara 2 dari RT Pak Mulyono karena sesuai tema pertanian dari RW 02, mengerahkan warganya dengan memakai baju orang sawah baik dari yang laki-laki maupun yang perempuan. Orang tua membawa gendongan hasil panen dan mengangkat ancak hasil panen dalam bentuk tumpeng raksasa yang dihiasi hasil pertanian. Ditambah dengan replika buah semangka dan pepaya raksasa semakin melengkapi warga RT ini.

Dari juara 3 yakni Pak Dodo, mengerahkan warganya menggunakan kostum zaman kerajaan. Ada yang menjadi senopati ada juga yang menjadi prajurit. Bahkan ia membuat sebuah Kereta Kencana Raksasa yang menutupi bentuk aslinya yakni sebuah traktor. Ia bahkan memberikan Bakso Gratis yang dibawa oleh 10 orang yang juga ikut karnaval dan juga ratusan es teh gratis.

RT lain juga tak kalah meriah, ada yang berpakaian ala anak 90 an, menggunakan kentongan, sarung dan peci. Ada pula yang berpakaian ala pasukan Indonesia, tentara dan polisi. Ada pula yang menggunakan koran bekas sebagai pakaian yang dihias. Ada juga manusia kardus yang ikut meramaikan karnaval.

Selain Kereta Kencana Buatan, juga terdapat tiruan Pesawat, Jet Tempur, Tank dan bahkan sampai Bus Tayo juga ikut hehe. Beberapa mobil yang membawa sound system turut serta meramaikan acara ini ditambah pasukan Marching Band dari anak-anak SD Negeri Rogomulyo 02.

Meriahnya acara ini benar-benar membawa kebanggaan tersendiri, semoga tahun depan juga makin ramai dan kreatif. Selengkapnya silahkan tonton video Karnaval Dusun Suruhan di bawah ini.



Belum ada Komentar untuk "Karnaval Kemerdekaan Dusun Suruhan Rogomulyo Kabupaten Semarang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel