KEREN, Wisata Lembah Nirwana di Jalan Kendal Sumowono

Keren sekali konsepnya, walau tidak begitu luas, namun wisata ini saya kira cukup untuk memuaskan penikmat wisata lokal daerah Kendal, Semarang, Ungaran maupun Temanggung. Yup, namanya Lembah Nirwana, yang berada di jalan alternatif Sumowono - Limbangan Kendal.

Gazebo Lembah Nirwana Kendal

SUMOWONO KE LIMBANGAN

Pagi itu saya bersama istri saya 'via' dan buah hati saya 'schiff' menuju kawasan wisata Sumowono Kabupaten Semarang. Saya sebenarnya ingin menuju ke Bantir Hills setelah seklian lama, dan mencoba wisata terbaru yang bernama Taman Sayur serta Lembah Nirwana.

Saya memulai perjalanan dari arah Ungaran via Bergas, Jimbaran dan Bandungan hingga sampai di Terminal Sumowono. Dari Terminal Sumowono saya ambil arah Kendal melewati pemandangan alam yang indah. Hingga akhirnya saya tiba di Kompleks Tentara Bantir yang tepat menghadap ke arah wisata Bantir Hills di kejauhan. Karena masih pagi sekali, paling enak sarapan gorengan nih hehe. Apalagi telo goreng dan mendoan, waduhhhh maknyus deh.

Setelah itu saya melanjutkan perjalanan menyusuri jalan Sumowono-Limbangan ke arah Kendal, jalannya turun dan agak curam jadi sobat harus hati-hati jika melewati jalan ini ya, apalagi jalannya tidak terlalu lebar. Singkat cerita akhirnya saya masuk di wilayah perbatasan Kabupaten Semarang dan Kabupaten Kendal, dan setelahnya disebelah kanan jalan terdapat gapura bertuliskan wisata Lembah Nirwana.

PARKIR LUAS

Walau masih pagi dan tergolong masih baru, wisata ini sudah ramai dikunjungi oleh wisatawan. Terutama anak-anak karena disini terdapat kolam renang. Dari jalan masuk gerbang wisata, terdapat lahan parkir yang luas dan memanjang, tempat parkir ini belum diplester, masih berupa tanah kerikil namun tetap bisa dimaksimalkan.

Spot Selfie lembah Nirwana Kendal

Mobil juga bisa bebas dan tidak terlalu sempit meskipun satu tempat dengan parkir sepeda motor. Bagusnya lagi, dari tempat parkir ini kita langsung bisa memilih untuk melihat pemandangan alam berupa dataran rendah wilayah Limbangan dengan background Gunung Sindoro dan Sumbing, menuju Mushola yang berada didekat gerbang masuk, menuju tempat tiket untuk langsung ke Saung Kuliner raksasa, Villa, Kolam maupun Spot Foto.

LEMBAH NIRWANA

Untuk tiket masuk cukup membayar Rp. 5000 saja, dan jika kita mau berenang kita harus membayar sebesar Rp. 10.000. Untuk parkir motor saya tadi sebesar Rp. 2000, kalau mobil mungkin Rp. 5000.

Dari tempat tiket saya belok kiri menuju area Kolam, disini terdapat 3 Kolam yang masing-masing memiliki ukuran yang berbeda-beda. Kolam utama sangat besar dan memiliki warna air yang berwarna biru cerah, kolam selanjutnya berada dibawahnya yang sepertinya memang dikhususkan untuk anak-anak, karena terdapat air mancur dan wahana air.

Villa Lembah Nirwana Kendal

Didekat Kolam terdapat 2 Payung besar yang bisa digunakan untuk berteduh, dibelakang payung besar ini merupakan sebuah tebing yang sangat curam dan dalam, dari sini kita bisa melihat lembah-lembah dengan latar belakang Gunung Ungaran yang semakin indah dengan hiasan awan dan langit biru. Mungkin hal ini yang bisa diartikan sebagai lembah nirwana.

ES TEH DINGIN

Satu hal unik disini adalah hawa dingin, jadi meski terik sinar mentari begitu jelas, namun justru hawa dingin yang saya rasakan. Apalagi airnya, waduh ngeri banget, seperti air dari kulkas gaes hahaha.

Waktu saya haus, saya membeli minuman yang berada di dekat Kolam, disini kita juga bisa pesan makanan. Mayoritas pengunjung membeli minuman hangat dan pop mie, saya malah cari es teh haha, pelayan-pelayan disini sampai kaget. Karena gelas boleh dibawa keliling ke area wisata, asalkan nanti dikembalikan, akhirnya saya beli es teh memakai gelas, tidak jadi memakai plastik.

SPOT FOTO

Untuk spot foto, disini terdapat bangunan kincir angin yang belum jadi, walau begitu, pengunjung boleh naik kesini. Dari atas spot foto kincir ini, kita bisa dengan jelas melihat kawasan wisata Lembah Nirwana, termasuk pemandangan yang luar biasa berupa alam yang hijau, gunung Sindoro, Sumbing dan Ungaran.

Disebelah kiri Kincir, terdapat bangunan eksotik yang juga tak kalah keren untuk dijadikan background foto, yap bangunan berjajar tiga berwarna hijau dan putih krem ini adalah villa. Sebenarnya ada 4, namun yang satu masih belum jadi. Villa ini seperti bangunan belanda di amsteram, huihhh cakep dah.

Didepan Bangunan Villa, terdapat sebuah taman memanjang dengan jalan kecil di beberapa titik, taman ini juga keren lho untuk foto-foto, apalagi kalau buat anak-anak wah bisa dipakai untuk bermain nih hehe.

Kolam Lembah Nirwana Kendal

Spot selanjutnya adalah Saung raksasa yang berada disebelah villa, tempat ini digunakan untuk kuliner dalam kapasitas besar, jadi kalau sobat ada acara-acara bersama teman dll, sobat bisa memakai tempat ini.

Kemudian Kolam Biru dengan latar Gunung Sindoro dan Sumbing ataupun memilih latar berlawanan yakni Kincir Angin yang dipadukan dengan Gunung Ungaran, juga tak kalah penting untuk sobat coba lho. Yang bikin kolam ini keren adalah bentuknya yang unik serta warna airnya yang biru cerah.

Terakhir adalah spot foto kapal, yang menghadap kearah lembah. Spot foto ini berada didekat kolam dan berada disamping jajaran gazebo yang memanjang ke arah warung makan.

PULANG

Nah sebelum pulang saya mampir ke Mushola yang ada didepan, tepatnya didekat gerbang masuk wisata. Mushola ini sangat unik bentuknya, dan air wudhunya, nyesss banget hehehe. Setelah solat dhuhur kami pulang, jika sobat penasaran dengan wisata Lembah Nirwana ini silahkan mampir kesini di Jalan Limbangan - Sumowono Km. 8 Kendal. Atau sobat bisa lihat videonya dibawah ini, sampai jumpa lagi di Dolan selanjutnya ya.

Belum ada Komentar untuk "KEREN, Wisata Lembah Nirwana di Jalan Kendal Sumowono"