Tempat Wisata Sepakung CEMORO SEWU // Wisata Baru Semarang

Cemoro Sewu adalah nama sebuah Wisata Alam yang indah dan merupakan bagian dari Desa Wisata Sepakung. Tempat Wisata ini merupakan kategori pendatang untuk Wisata Baru di daerah Kabupaten Semarang. Jika sudah terekspose, pasti akan banyak pengunjung yang datang kemari, karena Wisata yang satu ini pasti akan membuat anda ingin berkunjung kemari lagi.

Cemoro Sewu

"BANYUBIRU"

Pagi hari sekitar pukul 07.00 saya berangkat dari arah Ungaran. Melewati jalan raya Solo - Semarang yang selalu padat kendaraan dan ramai dengan hiruk pikuk perkerja pabrik di pagi hari. Bersama teman saya yang bernama Eka, kami melaju ke arah Banyubiru via Jalan Lingka Ambarawa (JLA). Selalu bahagia ketika masuk wilayah Banyubiru, sebuah kecamatan yang berada disebelah Ambarawa ini memang selalu membuat saya takjub dengan pemandangan alamnya yang indah, sebut saja Gunung Kendil dan Kelir. Duo menawan ini sangat indah bila dilihat dari arah Ambarawa, yang mirip Letusan Gunung atau Caldera.

Jika melihat dari bererapa situs di Internet, dulunya dua Gunung ini adalah satu yang bernama Gunung Suropati. Yah walau begitu hanya tuhan yang tahu.

"DESA WISATA SEPAKUNG"

Menyusuri wilayah Banyubiru, kami tiba disebuah Pasar dikiri jalan dengan papan petunjuk didepannya, Sepakung. Kami pun belok kanan dan mengikuti papan penunjuk arah tersebut menuju Sepakung.

Kami sempat berhenti sebentar, karena bensin motor menipis, kami membeli bensin dulu dan minuman serta makanan ringan. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan yang sangat mendebarkan, bagaimana tidak, wow jalan menuju Sepakung benar - benar ekstrim sobat, selain naik juga curam, nah disinilah sobat harus hati-hati saat berkendara.

Kami telah sampai di suatu pertigaan, dimana terdapat papan berukuran besar yang menjelaskan tentang Desa Wisata Sepakung. Ternyata Desa ini memiliki banyak Destinasi Wisata yang tersebar di beberapa tempat, di beberapa Dusun yang masih menjadi bagian dari Desa Wisata Sepakung.

Cemoro Sewu Sepakung

Yah, yang manapun akhirnya kami memilih rute Gumuk Reco yang lebih dekat, walau sebenarnya mau memilih rute manapun hasilnya sama saja karena jalannya memutar.

"CEMORO SEWU"

Perjalanan menuju Cemoro Sewu ini merupakan perjalanan kedua setelah Gumuk Reco, untuk perjalanan pertama di Gumuk Reco akan saya tuliskan lain waktu.

Menuju Cemoro Sewu, jalan pun semakin naik. Pemandangan juga semakin menarik karena tempat yang kami tuju semakin tinggi. Melewati jalan bulak yang berarti jalan sepi tanpa rumah penduduk, namun sangat ramai dengan suara kicauan burung dan terang dengan sinar mentari di hari itu. Sesekali kami bertemu dengan warga sekitar yang membawa kayu, mereka sangat ramah dan murah senyum.

Akhirnya kami tiba di Cemoro Sewu yang berada di jalan masuk Dusun Jingkol. Sebenarnya saya sempat kaget, karena tiga tahun lalu saya pernah kesini saat masih kerja menjadi Surveyor. Bahkan dulu Wisata Gumuk Reco maupun Cemoro Sewu ini masih belum ada.

Cemoro Sewu ini berada di Dusun Jingkol, Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Wisata ini masuk kategori Wisata Alam karena menyajikan pemandangan alam yang luar biasa.

Cemoro Sewu ini mungkin diambil dari nama pohon cemara yang banyak tumbuh disini, khususnya di area Wisata. Tiket masuk Rp. 5000 dan tempat parkir berada disampingnya.

"SPOT FOTO"

Dari gerbang masuk terdapat Mushola dan Toilet, kemudian ada jalan naik menuju spot foto berbentuk jembatan yang terbuat dari bambu. Disebelahnya ada ayunan yang dinamakan Swing Hill, ayunan panjang yang mengarah keluar dari Cemoro Sewu seolah terbang bebas.

Spot Foto Cemoro Sewu Sepakung

Di sisi sebelah barat terdapat Gunung Telomoyo yang lumayan dekat, didepannya terdapat pepohononan hijau yang membentang. Kemudian dikejauhan, terlihat Danau Rawapening yang berwarna hijau menyala, sangat indah dilihat dari ketinggian. Warna hijau Enceng Gondok tersebut berpadu dengan warna merah rumah-rumah penduduk diwilayah Ambarawa dan sekitarnya.

Dibagian atas dari Cemoro Sewu masih terdapat Spot Foto lain yang menghadap ke arah Danau Rawapening, yakni lingkaran Selfie dan Pintu Langit. Diatasnya lagi ada tempat duduk dipinggiran tebing yang sangat sederhana, dari sini view Danau Rawapening paling terlihat jelas. Kemudian dibagian terakhir terdapat Gardu Pandang 2 tingkat.

Suasana disini sangat sejuk, angin sepoi-sepoi begitu terasa daripada panas yang timbul dari sela-sela pohon cemara. Adzan Dhuhur berkumandang, kami turun untuk menunaikan Solat Dhuhur, kemudian pulang. Bagi sobat yang penasaran dengan Wisata Cemoro Sewu ini, silahkan lihat video dibawah.

Belum ada Komentar untuk "Tempat Wisata Sepakung CEMORO SEWU // Wisata Baru Semarang"