I'AMPEL GADING HOMELAND - BANDUNGAN, KAB. SEMARANG - JAWA TENGAH

Halo, asalamualaikum dan salam sejahtera sobat - sobat semua. Jumpa lagi dengan saya Dar dalam artikel sederhana ini. Nah kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai perjalanan saya ke salah satu Destinasi Wisata di Kabupaten Semarang, I'ampel Gading Homeland.

Iampel Gading Homeland Cover

Siang itu cuaca panas di Ungaran, tapi mungkin tidak di daerah kaki gunung Ungaran, sehingga saya sempatkan untuk jalan - jalan ke daerah Bandungan. Setelah mandi dan packing selesai, saya segera meluncur.

Kali ini saya ingin ke salah satu Destinasi Wisata yang berada di kaki Gunung Ungaran, yang bernama I'ampel Gading Homeland. Wisata ini sudah ada di Google Maps, jadi saya tinggal klik dan ikuti jalan. Karena saya sempat mampir dulu ke daerah Candi, jadi gps pun mengambil jalan tercepat melewati Green Valley.

DUSUN PEL GADING

Dari Green Valley, saya hanya mengikuti jalan naik dan sedikit membingungkan, walau sebenarnya sudah ada papan penunjuk arah. Setelah itu saya melewati jalan cor dengan beberapa Polisi Tidur yang membuat saya serasa bergoyang - goyang dengan rumah - rumah dikanan dan kirinya. Beberapa orang nampak sibuk dan beberapa lagi terlihat anak mereka yang bermain dengan gembira.

Setelah saya lihat di Maps, jalan yang saya lewati ini bertuliskan Jl. Pel Gading yang membuat saya berpikir mungkin I'ampel gading berasal dari nama Dusun Pel Gading.
Gerbang Ampel Gading

PERKEBUNAN NAN HIJAU

Setelah melewati rumah warga dan gapura, kini melewati jalan sejuk dengan pemandangan menawan Gunung Ungaran yang seperti Gunung Kembar, lhoh kok bisa ?. Nah gini jadi Gunung Ungaran itu tidak berbentuk lancip seperti gunung umumnya, tapi cenderung agak datar dan terpisah menjadi 2 puncak dengan 1 puncak lebih pendek.

Jika dilihat dari sini tampak sejajar nih sobat. Hijaunya perkebunan warga juga semakin membuat pemandangan disini makin keren. Sesekali saya bertemu warga yang pulang dari kebun mereka. Terlihat sangat jelas keramahan dan senyum mereka yang menyenangkan.

1800 MDPL

Dari jalan cor, akan didapati 2 jalan yang mengarah kekanan dan kekiri. Saya ambil yang arah kiri dan dari sini sudah terlihat gerbang masuknya. Setelah membayar biaya masuk, saya melanjutkan perjalanan menuju keatas. Ternyata masih lama dan panjang juga untuk sampai di lokasi, harus hati - hati juga karena jalan menuju lokasi licin sehabis hujan serta jalan cor ada beberapa yang sudah pecah.

Setelah melewati jalan berkelok dengan hawa dinginnya, sampai juga di lokasi dengan area parkir yang unik sob, semacam tembok dibobol hehe, mantap. Oh iya Wisata ini meliliki ketinggian sekitar 1300 sampai 1800 MDPL dan dekat dengan puncak Gunung Ungaran.

PEMANDANGAN MENAKJUBKAN

Naik diatas area parkir melewati tangga yang terdapat pojokan ternyata bisa lho. Disini terdapat meja dan kursi panjang yang terbuat dari kayu, lantainya terbuat dari tatanan bambu memanjang.

Iampel Gading Homeland Photo

Jika menghadap ke arah timur terdapat pemandangan menakjubkan berupa pedesaan di kaki Gunung Ungaran yang merupakan wilayah Kecamatan Bandungan. Di ujungnya terlihat Danau Rawapening di kejauhan yang berwarna biru kehijauan dengan latar belakang Gunung Merbabu, Telomoyo, Kendil dan Kelir.

Disisi sebelah utara terdapat tulisan I'Ampel Gading Homeland berukuran besar yang menjadi ciri khas Wisata ini dan luasnya Gunung Ungaran tampak gagah dibelakang tulisan I'ampel Gading Homeland.

SPOT - SPOT FOTO

Kabut mulai naik, menutupi pemandangan disebelah timur. Saya ingin segera berfoto dibeberapa spot yang tersebar berjauhan. Dimulai dari spot foto di pojokan yang terdapat  lingkaran cat kuning, dibawahnya terdapat mushola. Lalu saya turun melewati anak tangga yang terdapat beberapa Goa disamping kanannya, disebelah kiri terdapat satu Gardu Pandang Bambu yang dikelilingi hijaunya rerumputan

eksis
Setelah turun terdapat jalan naik yang menuju ke bukit lainya, jalannya agak curam jadi harus berhati - hati. Terdapat Gubuk untuk beristirahat dan Sayap Kupu - Kupu berukuran besar yang dikelilingi ilalang untuk berfoto. Tidak jauh dari situ ada satu lagi spot keren yakni Gardu Pandang yang dibuat diatas pohon, dari sini benar - benar terlihat indah.
Setelah selesai berkeliling, saya kembali turun ke jalan yang terdapat Goa, disini saya belok kiri dan naik yang mana terdapat spot foto seperti Sarang Burung Raksasa dan beberapa Gazebo. Setelah selesai saya turun dan pulang.

Belum ada Komentar untuk "I'AMPEL GADING HOMELAND - BANDUNGAN, KAB. SEMARANG - JAWA TENGAH"