Bakal Ada Animasinya

Satu lagi karya anak bangsa yang 8 tahun berkarya untuk proggress animasi dan komiknya. Volter Stein yang digarap oleh Anindosta Studios, seperti apa komiknya ?



 ■ Overview


Well gw mulai dari Authornya dulu yak

Anindosta singkatan dari Animasi Indonesia Semesta adalah Organisasi Studio Animasi di Indonesia yang berdiri tahun 2014, yang disini bergerak di bidang perfilman animasi 3D futuristik dan Komik Digital yang berlokasi di Bogor dengan genre Action dan Sci-fi

Nah Volter Stein ini adalah salah satu projectnya gaes, untuk animasinya nanti diplanning bakalan tayang tahun 2025 sebanyak 27 Episode yang dibagi dalam 2 season, sedangkan untuk komiknya udah gercep banget di eksekusi dengan muncul  duluan di webtoon sebagai SpinOff dengan judul The Daily Of Arlo sejak November 2018 dengan 25 Chapter, sebuah komik dengan genre slice of life dan comedy.

Dan untuk Volter Steinya, baru di publish 2 bulan lalu bagian prolognya. Untuk komik cetaknya sendiri sebenarnya udah buka PO sejak agustus 2022 lalu, sedangkan untuk komik cetak yang ready tanpa PO mulai dibuka pertengahan November lalu.

Oke, sekarang kita lihat kek gimana komik karya anak - anak muda yang digarap 2 tahun ini.

■ Appearance
- Seperti yang kalian tahu, komik ini berjudul Volter Stein, dengan sub judul the peace enforcement yang berarti menegakkan perdamaian nih gaes. Diterbitin oleh Reatif dengan author Anindosta Studios dan komikus Naufal Ahmad Shidiq, Danang Satria Wibawa dan Adnan Hariyanto

Dengan tulisan angka disini, udah jelas komik ini merupakan komik serial yang nanti bakal ada lanjutannya ya gaes dan statusnya berarti ongoing yak.

Dibagian belakangnya gak terlalu lengkap memuat info komik gaes, tapi setelah gw baca komik ini menurut gw ratingnya masuk ke remaja gaes. Ehm anak - anak juga okelah baca.

Well untuk demografinya masuk komik netral yang cocok dibaca cowok cewek, sedangkan untuk harganya Rp. 99.000 gaes.

Covernya pake jenis doff, dengan gambar tokoh antagonis dan protagonisnya nih. Untuk kertasnya pake jenis bookpaper full bnw, yang tentunya masuk cetakan bagus atau premium yak.

Dengan Dimensi komik super gede, 25x17,4x1,4cm, baca komik inipun jadi terasa nyaman gaes, anti tulisan kecil - kecil dan pastinya bisa sebagai pengganti harga yang hampir 100rb.

■ Content

Yap kita masuk ke bagian isi ya gaes, bacanya kiri kekanan dengan genre Action dan Scifi, meski dibilang action, volume pertama ini porsi actionnya masih belum mendominasi gaes, kalo untuk scifinya udah dapet sih. Temanya sendiri tentang Ilmuwan, Penemuan dan Kekacauan. Untuk publikasi komik ini jelas ya di tahun 2022

Pembukaan komik lengkap banget nih, ada pengenalan tokohnya, dan ada kontennya yang dibagi dalam prolog dan 7 chapter. Makin maknyuss nih ada nomor halamannya dengan total 238 halaman, wow.

Panelnya mayan banyak variasi, tapi berkat gutter yang jelas, jadi masih mudah ngbacanya gaes. Artnya jelas pake digital yak dan penggambaran karakter di setiap page dapet nih, sedangkan stylenya model kartun, sederhana tapi bisa konsisten di setiap panelnya.

Tokoh Utama : Arlo, Alan, Prof. Stein, Dr. Rivaldo,
- Tokoh Sampingan : Fellin, Baxter, Ditto, Max, Arissa, Zerk, Susanto

● Spill premisnya dikit, Bercerita tentang kehidupan Arlo, anak jenius yang tingkahnya konyol kek Naruto. Mengambil setting di planet aphelion karena planet bumi sudah tak dapat dihuni, Arlo yang menjalani hidup bahagia terpaksa harus kehilangan keluarga dan teman - temannya karena ada serangan dari musuh dibalik layar, memaksa arlo harus memecahkan teka - teki ini dan mengemban misi kedamaian di planet aphelion.

30 halaman dikomik ini lumayan lama mendalami karakter si Arlo, namun setelahnya baru dimulai feel misteri sebelum actionnya. Pembahasan scifinya udah langsung tancap gas di awal. Sedangkan actionnya baru kerasa dimulai di akhir komik

●Meski komik action, pacing komik ini terasa lambat, karena banyak banget penjelasan, pengenalan maupun percakapan. Hmm bener - bener memakan waktu yang lama gaes untuk merampungkan komik ini, yang artinya cocok nih buat kalian yang suka komik ala rasa novel yang banyak tulisannya, santai bacanya. Meski begitu bumbu komedi yang kadang terselip didalamnya membuat kita menikmatinya.

●Untuk alur cerita jujur aja mudah ditebak, ditambah detail cerita yang buru - buru disuguhkan kepada pembaca di komik ini serasa jadi kayak ada genre dramanya, ngebuka terlalu banyak rahasia secara gamblang memang cocok untuk kalangan remaja dan anak - anak yang butuh banyak informasi. Untuk tema yang diangkat joss, mengangkat tema yang jarang ada di dunia perkomikan indonesia saat ini, setelah sebelumnya ada Manungsa dan Rixa.

Selain padat halaman komik ini super padat cerita gaes, disisi lain terlalu banyak tokoh - tokoh yabg harus dicerna dalam 1 volume, disisi lain cerita yang mau dibangun langsung di eksekusi gak perlu lama - lama.

■ Conclusion

Overall sebelum gw ngucapin makasih, gw salut nih sama tim dibalik Anidosta Studios yang udah ngelahirin komik dengan ide - ide kreatif seperti ini, semangat membara anak - anak mudanya kerasa banget tertuang dalam komik ini

Positifnya Ide oke, ceritanya bagus dan karakter oke

yang kurang hanya pada scene tertentu aja yang harusnya ditampilkan disini saat action/ saat gerak cepat, saat muncul listrik dll serasa di skip

Bagian2 kecil ini gk ditampilkan entah mungkin mengingat padatnya cerita yang akan ditampilkan

Sebagai Orang Indo, gw dukung karya ini semoga sukses hingga launching animenya nanti yak




Belum ada Komentar untuk " Bakal Ada Animasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel