Tari SUTOWIJAYAN Reog Kaprajuritan Sri Kencono Kab. Semarang

Membahas seputar Reog memang hampir tak ada habisnya, banyak jenis tarian dan banyak jenis pakaian dan alatnya.

Reog Sri Kencono Suruhan Kab. Semarang


Tari Sutowijayan adalah salah satu jenis tarian yang dibawakan oleh Paguyuban Seni Reog Kaprajuritan Sri Kencono. Seperti namanya, Reog Kaprajuritan adalah jenis Reog yang penarinya menggunakan senjata buatan dari bambu atau kayu yang berfungsi sebagai pedang-pedangan.

Seni Reog Sri Kencono sendiri beralamatkan di Dusun Suruhan, Desa Rogomulyo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Semarang, Privinsi Jawa Tengah. Paguyuban Seni Reog ini sudah ada sejak dulu dan dimainkan olah masyarakat setempat, dijaga dan dilestarikan secara turun-temurun.

Tari Sutowijayan sendiri dimainkan oleh sekitar 8 sampai 12 penari yang menaiki Jaran Kepang serta Pedang-pedangan (Benthak) dari awal tari dimainkan.

Tari ini terdiri atas 3 gerakan yang dimainkan dalam alunan gamelan dan perintah kendang. 3 gerakan dasar dilakukan dalam 4 arah mata angin, dilanjutkan rotasi tempat dan terakhir perang berkelompok.

Setelah perang berkelompok berakhir, akan dilanjutkan perang antara 2 orang penari hingga seluruh penari telah melakukan perang hingga selesai. Selengkapnya tentang Tari Sutowijayan, silahkan tonton video dibawah.




Belum ada Komentar untuk "Tari SUTOWIJAYAN Reog Kaprajuritan Sri Kencono Kab. Semarang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel