Tempat Wisata BALKAM HILL - Padang Ilalang Bawen yang VIRAL // Wisata Semarang

Assalamualaikum Wr. Wb, beberapa minggu ini dunia Instagram kembali heboh, khususnya area Semarangan. Ya apalagi kalau bukan munculnya Spot Foto Hits di Bawen yang berupa Padang Ilalang yang indah dan luas disebuah tanah kosong dipinggir Dusun. Rasa penasaran membuat saya tertarik untuk berkunjung kesini, dan inilah cerita saya.


Balkam Hill Cover



"SUATU SORE DI AKHIR PEKAN"


Sore itu, sekitar jam 15.45, saya merapikan alat-alat fotografi dan videografi saya. Karena hari ini hari sabtu, saya pikir pasti akan sangat ramai, sehingga saya putuskan untuk segera berangkat dan berharap bisa bertemu dengan beberapa pengujung dan bertanya tentang ketertarikan mereka dengan tempat ini.

Saya melaju dari arah Ungaran, hmm kena macet deh, soalnya akhir pekan sih, jadi bareng kan sama para pekerja pabrik yang kebanyakan berasal dari luar Semarang, sehingga akhir pekan mereka gunakan untuk mudik ke rumah. Yah, sabar nih jadinya, jalan pelan-pelan menuju Bawen.

Mentari mungkin masih gembira, sehingga ia masih nampak dilangit menyinari perjalanan saya. Sesampainya di ABC, nama sebuah tempat sebelum Terminal Bawen yang berada disamping jalan menurun Solo-Semarang, saya maju sedikit lagi melewati Hotel Bawen Indah, kemudian belok kiri dan masuk.


"KEBUN KOPI"


Dari jalan masuk, terdapat perumahan yang bernama Bawen Regency, yang setelahnya merupakan Kebun Kopi yang luas dan panjang. Saya agak mempercepat laju saya, mengingat waktu semakin sore dan hari ini saya masih kerja. Walau begitu, Kebun Kopi dikanan dan kiri saya ini seakan tidak ada habisnya nih sobat.

Baru teringat kalau kawasan di daerah Bawen memang populer dengan Kebun Kopi. Kebun Kopi ini dapat kita temukan mulai dari ABC bawen hingga perbatasan dengan Kecamatan Tuntang.


"PADANG ILALANG"

Akhirnya saya tiba juga di Dusun Balekambang, tempat dimana ratusan ilalang ini tumbuh lebat di ketinggian. Jalan masuk agak tidak bagus, karena belum dicor, tapi tetap aja asik karena hal itu sudah tidak menjadi masalah lagi sobat.

Naik Motor di Balkam Hill

Biaya masuk Rp. 3000 (parkir), untuk tiket belum ada karena tempat ini sedang dalam proses untuk dikembangkan menjadi wisata. Mobil juga bisa masuk lho, dan parkirnya pun sudah ada sekitar 100 meter dari tempat penarikan karcis parkir.

Setelahnya, saya berkeliling di area padang ilalang dan mencari ilalang yang masih tinggi. Mencoba mencari foto candid dengan kamera karena hari ini saya cuma jalan sendirian. Di bagian yang ilalangnya pendek, saya menemuan beberapa bambu yang sepertinya akan digunakan untuk membangun sesuatu. Nah sebaiknya nanti kita bertanya kepada pengurus disini saja ya hehe.


"BUKIT DENGAN PEMANDANGAN ALAM"


Untuk info tambahan nih ya sobat, jadi dari sini walau nantinya padang ilalang ini sudah tidak ada lagi, menurut saya jika dikembangkan menjadi wisata akan memiliki daya tarik yang luar biasa. Alasanya jelas, lokasi dimana padang ilalang ini tumbuh merupakan bukit tinggi dengan pemandangan alam yang indah, diujung selatan bahkan Wisata Goa Rong View yang sama-sama diatas bukit juga kelihatan dari sini. Pemandangan alam berupa Gunung Merbabu, Gajah, Kendil, Kelir, dan Telomoyo juga terlihat jelas.

Gunung Ungaran dari Balkam Hill

Di bukit sebelah barat yang lebih tinggi, kita bisa menyaksikan Wisata Kampoeng Kopi Banaran dan juga Eling Bening dikejauhan. Disisi Barat Daya tentu saja terlihat Danau Rawapening yang membentang luas melewati 3 Kecamatan di Kabupaten Semarang. 

Disisi sebelah utara terlihat Gunung Ungaran yang tinggi menjulang, dengan pemandangan jalan raya dibawahnya. Andai saja cuaca hari ini cerah, duo kembar Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing pasti juga terlihat disisi Barat Laut.


MASYARAKAT YANG SEMANGAT

Saya telah sampai di bukit barat yang paling tinggi, disini ada beberapa anak muda dan bapak-bapak yang sedang sibuk membangun tempat duduk dari bambu, saat saya tanya mengenai padang ilalang ini, mereka menjawab bahwa tempat ini ramai sekitar 2 minggu ini. Bahkan tempat ini kini dinamai Balkam Hill, yang berarti Balekambang Hill atau Bukit Balekambang.

Menurut mereka, kedepannya tempat ini akan dikembangkan lagi menjadi wisata, sehingga dibangunlah tempat duduk sederhana ini. Hmmm, semoga saja semangat anak muda dan bapak-bapak yang merupakan masyarakat sekitar ini tidak surut ya, sukses terus.


WARUNG WARUNG

Nah satu hal lagi nih yang juga viral, hehe karena mendadak muncul sih. Jadi jika sobat berkunjung kemari tidak perlu takut kelaparan ya, disini ada beberapa warung kok. Selain itu juga banyak para penjual yang memakai sepeda motor disini, eitsss tapi jangan buang sampah sembarangan yah.

Saya bahkan bertemu bapak-bapak yang sedang membangun warung disini, nah tidak menutup kemungkinan kalau kedepannya juga makin banyak warung ya sobat.


TANYA JAWAB DADAKAN

Saya sempat bertemu rombongan wisatawan yang berasal dari Ungaran, mereka mengetahui tempat ini melalui Foto di Instagram, kemudian mencari lewat GPS dan bertanya ke beberapa orang.

Menurut mereka, tempat ini bagus dan tepat sekali jika dikembangkan menjadi Destinasi Wisata, karena lokasinya yang tidak begitu jauh dari jalan Solo-Semarang, serta pemandangannya yang indah dan bagus. Karena tidak bertanya satu persatu, saya jadi tidak tahu nama mereka semua, kecuali satu yang namanya Mbak Yusa hehe.

Terakhir saya bertanya kepada salah satu pemuda setempat yang bernama Mas Agung, menurutnya tempat ini ramai dikunjungi saat akhir pekan dan hari libur. Spot yang paling dicari adalah padang ilalang yang tumbuh subur didekat tempat parkir, kemudian spot kedua yang dicari para pengunjung adalah bukit tertinggi di sebelah barat.

Kebanyakan pengunjung adalah muda-mudi, anak sekolah, dan keluarga. Hmm, pejalan jomblo seperti saya masuk pengunjung nomor 4 kali ya, karena langka wkwkwwk.

Setelahnya saya mengucapakan terima kasih kepada pemuda-pemuda setempat dan menata kamera saya, kemudian saya pulang.


SARAN PENTING

Nah, saya sering berkunjung ke wisata-wisata lokal di Jawa Tengah, khususnya Semarang dan setelah saya pelajari, booming atau tidaknya wisata itu tergantung dari sosial media, baru realita tentang wisata tersebut.

Kebanyakan para pengunjung yang notabene hanya ingin foto karena rasa penasaran mereka dengan foto dan video di media sosial akan puas ketika mereka telah sampai disini yang bisa diartikan cukup sekali datang bukan?, sedangkan untuk membuat sebuah wisata terus dikunjungi oleh para wisatawan, setiap pengurus harus kreatif dan inovatif agar mampu menarik perhatian pengunjung lagi.

Sebenarnya, untuk menjadi tempat wisata favorit tidak perlu membangun sesuatu secara permanen dan dengan biaya yang banyak, kita bisa memulai dengan menggunakan bambu dan kayu, tentunya dengan desain dan letak yang pas. Untuk Balkam Hill sendiri, kedepannya juga tidak mungkin menitik beratkan Padang Ilalang, karena tanaman itu cepat atau lambat juga akan rapuh. Nah disinilah pentingnya gerakan anak muda untuk segera menyiapkan sesuatu untuk menarik perhatian pengunjung selanjutnya ketika Padang Ilalang ini sudah tidak ada, sehingga saya sangat mendukung gerakan masyarakat setempat yang aktif dan peka terhadap viralnya Padang Ilalang.


Padang Ilalang Bawen


Semua bisa dimulai dengan membangun beberapa Gazebo berjajar yang menghadap kesisi selatan dengan pemangan indahnya, yang berfungsi untuk tempat berteduh. Tentunya Gazebo ini juga akan berfungsi sebagai pemasukan nantinya, ketika Gazebo ini didukung dengan Warung penyedia makanan dan minuman disampingnya.

Kemudian, Gardu Pandang bertingkat yang dibangun didekat tempat tiket dan di bukit tertinggi yang berfungsi untuk spot foto selfie dengan memanfaatkan ketinggian dibukit ini untuk melihat pemandangan sekitar.

Spot Foto yang lain yang bisa dikreasikan dengan bambu dan kayu juga bisa dibuat disini, seperti pintu langit, jembatan dan tangga memutar.

Terakhir bila semua itu sudah terwujud adalah dikumpulkannya anak-anak muda setempat yang paham dunia maya untuk giat dan gencar mempromosikan Wisata Balkam Hill melalui Sosial Media.

Nah saya berdoa semoga tempat ini bisa menjadi wisata Ikonik dan berguna bagi Desa setempat, amin. Sampai jumpa lagi di cerita saya selanjutnya, Wasalamualaikum Wr. Wb. 

Jangan lupa tonton video dibawah yah.



Belum ada Komentar untuk "Tempat Wisata BALKAM HILL - Padang Ilalang Bawen yang VIRAL // Wisata Semarang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel