Sejarah Perkembangan HANDPHONE dan Smartphone

Zaman dulu kita mengenal benda kotak kecil yang sangat berat bernama Handphone, bahkan benda itu terasa seperti benda spesial karena tidak semua orang memilikinya. Nah dizaman modern ini, hampir setiap orang memiliki Smartphone dan bukan lagi Handphone. Lhoh bedanya apa sih ?, simak sampai selesai ya.


Seluruh Merk Smartphone di Dunia

Berawal dari Nokia N2010 yang keluar tahun 1996 dan juga bukan merupakan seri pertama dari Nokia yang bentuk dari Handphone ini sangat unik. Kenapa saya bilang unik, karena mungkin orang-orang zaman dulu melihat hal ini sebagai suatu yang aneh karena belum pernah melihatnya, sedang bagi orang-orang zaman sekarang, mungkin bentuknya bisa dibilang lucu.

Handphone ini memiliki bobot 300 gram, yah sudah pasti jauh beda dengan yang sekarang kan sobat ?. Handphone ini juga masih CDMA (Sode Division Multiple Access), baru setelah beberapa saat muncul keluaran baru dari Nokia yang sudah GSM (Global System for Mobile Communication) yakni seri N1610.


Nokia N8110

Selanjutnya mulai populer dan sering keluar seri dari Nokia, yakni Nokia N8110 yang berbentuk agak ramping namun melengkung seperti pisang, ada penutup dibagian keypad nya. Lalu muncul Nokia N6150 yang juga masih memakai antena. Zaman sekarang jika memakai Handphone antena pasti agak mengganggu juga hehe.

Kemudian muncul seri baru yakni Nokia N8550 yang sudh Sliding dan tidak memakai antena panjang lagi. Disusul N8310 yang memiliki banyak varian casing, sehingga menarik perhatian para kaum hawa. Masih teringat dulu saudara saya setiap hari bisa ganti casing Handphone ini lebih dari 10x sehari hahaha, biar kayak selalu baru terus hehe. Seri ini juga sudah dilengkapi dengan radio, namun harus mencolokkan Headset untuk dapat memakainya.

Nokia Berwarna

Setelahnya mulai muncul Handphone-Handphone baru yang layarnya sudah tidak biru atau hijau lagi, melainkan berwarna. Umumnya Handphone ini menggunakan sistem operasi Java. Kala itu saya bersama teman saya sering membongkar Handphone untuk membuat Background di layar HP menggunakan kertas bungkus rokok LA.

Untuk masalah musik, Handphone dari Sony Ericsson menjadi primadonanya, tentu saja untuk seri K dan W yang seringkali saya dapati di tangan teman-teman sekolah saya. Apalagi jika sudah menyangkut masalah Headset Bassnya, tidak ada duanya deh haha. Contohnya Handphone seri W milik teman saya ini faktanya lebih populer dari pemiliknya, karena Handphonenya mau dibawa kemanapun selalu dipinjam untuk mendengarkan musik.

Brand terkenal di zaman itu sudah pasti Nokia,Sony Ericsson, Motorola, LG, Samsung, Siemens dll. Sedang untuk brand yang melengkapi Handphone buatan mereka dengan kamera sebenarnya sudah ada lebih dulu sebelum Nokia, sebut saja Sharp JPhone yang memiliki kamera beresolusi 0.11 MP dan Audiovox PM-8920 yang beresolusi 1,3 MP.

Bagi para vendor yang berusaha mengsusung kamera ke Handphone pun berlomba-lomba dari jenis Kamera CIF yang dimiliki oleh Siemens seri MC 60 dan Kamera VGA yang dimiliki Nokia seri 3650. Kemudian muncul kamera berteknologi canggih, yakni Nokia N90 yang dilengkapi Zoom Digital 20x, Lensa Carl Zeiss, Blitz dan Macro. Ketatnya persaingan antar vendor di pasar, akhirnya membuat kamera menjadi pertimbangan khusus untuk membeli Handphone, sehingga pada tahun 2006, muncul Kamera dengan resolusi 5MP dan menjadi standard khusus kamera HP. Pada tahun 2011 dikenalkan kamera 3D oleh HTC, namun sayang, respon pasar tidak seperti yang diharapkan.

HTC kamera 3D

Seperti yang sobat tahu, Handphone memiliki 2 sistem operasi yakni Java (tertutup) dan Symbian (terbuka), 2 sistem operasi ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Namun Java mulai ditinggalkan karena para Vendor lebih memilih OS Symbian dalam produk terbarunya.

Dikenalkannya Kamera 3D oleh HTC, nyata nya juga membuat beberapa pakar mulai memikirkan dan mengembangkan Kamera ke dalam Handhphone untuk lebih baik lagi, dan ini merupakan cikal bakal lahirnya Smartphone.

Iphone sendiri yang dikenalkan di tahun 2007, dan disusul generasi selanjutnya yakni Iphone 2G juga semakin menarik perhatian dan merambah amerika. Pada tahun 2011 setelah pengemuman Iphone 4S, sehari setelahnya Steve Jobs meninggal dunia.

Blackberry

Selanjutnya dikenalkan Smartphone Blackberry yang mulai booming di Dunia dan bersaing dengan Iphone yang mulai merambah keluar amerika. Blackberry mulai merajai pasaran dan menguasai penjualan mengalahkan Handphone Symbian. Meskipun saat itu sudah ada Handphone layar sentuh, belum bisa dibilang Smartphone asli karena Android belum populer. Blackberry semakin meluas dan mengeluarkan produk-produk baru mereka, saat itu yang saya tahu Smartphone ini adalah barang mewah dan berbeda karena Querty nya.

Tahun 2007 Android sudah diperkenalkan namun hal itu tidak membuat pemain papan atas seperti Nokia dan Microsoft terganggu, sehingga seiring perjalanannya, Android baru populer (Ice Cream Sandwich) dan sangat diharapkan pada tahun 2011 hingga kedepannya. Apple sendiri masih tetap eksis dan santai, sedangkan Nokia yang bekerja sama dengan Microsoft mengeluarkan produk baru mereka dengan sistem baru pula bernama Window untuk mengalahkan Android. Pada waktu ini Blackberry juga mulai meredup.

Tahun 2012-2013, para vendor yang menggunakan sistem Symbian berangsur-angsur berpindah menggunakan sistem Android, Samsung merajai pasar disusul Sony. Nokia akhirnya pun mengeluarkan seri X, namun belum android sepenuhnya, karena tidak menggunakan Google sebagai Toko Aplikasinya, dan seri X ini merupakan seri detik-detik kalahnya Nokia.

Android yang semakin maju menawarkan kerjasama dengan Blackberry, sehingga tulisan atau iklan Backberry now on Android adalah hal yang sangat mengguncang bagi sebagian orang saat itu bagi anak-anak zaman sekarang yang tidak tahu, mungkin hanya mengartikan Blackberry sebagai aplikasi. Setelahnya lahirlah era Android yang sebenarnya hingga saat ini, dan banyak brand mulai muncul menggunakan sistem Android. Nokia pun kini juga bangkit kembali dan menggunakan sistem Android milik Google.

Brand Smartphone di Dunia

Berikut Nama Brand Handphone dan Smartphone yang ada di dunia :

360
Acer
Aermoo
AGM
Alcatel
Allcall
Allview
Amazon
Amigoo
Amoi
Apple
Archos
Asus
AT&T
Axgio
Benefon
BenQ
BenQ-Siemens
Bird
Blackberry
Blackview
Blu
Blusboo
Bosch
BQ
Bsimb
Casio
Cagabi
Caterpillar
Celkon
Chea
China Mobile
Cong
Coolpad
Cubot
Dakele
Dell
Doogee
Doopro
E&L
Ecoo
Elephone
Emporia
Energizer
Energy
Ericsson
Essential
EStar
Eten
Faea
Fairphone
Fujitsu Siemens
Garmin-Asus
Geotel
Gigabyte
Gigaset
Gionee
Gome
Google
Goophone
Gretel
Hafury
Haier
Hike
Hisense
Homtom
HP
HTC
Huawei
I Kall
iLA
iMan
i-mate
i-mobile
Icemobile
iNew
Infinix
InFocus
InnJoo
Innos
iNQ
Intex
iOcean
iRULU
itel
IUNI
iVooMi
Jesy
Jiake
Jiayu
Jolla
Karbonn
Kazam
Kesscoo
Kenxinda
KingSing
KingZone
Kodak
Kolina
Koolnee
Kyocera
Landvo
Laude
Lava
Leagoo
LeEco
Lenovo
Leotec
LeRee
LG
Ly
Lyf
M-Horse
M-Net
Mann
Maxon
Maxwest
Maze
Meiigoo
Meitu
Meizu
Micromax
Microsoft
Mijue
Milai
Mlais
Modu
Morefine
Motorola
Mpie
Mstar
Multilaser
MWg
MyWigo
NEC
Neonode
Neken
Neo
Newman
NIU
NO.1
Nokia
Nomu
Nubia
Nvidia
O2
OnePlus
Oppo
Orange
Otium
Oukitel
Palm
Panasonic
Pantech
Parla
Pepsi
Phicomm
Philips
Phonemax
Plum
Plunk
Pomp
Poptel
Posh
Positivo
PPTV
Prestigio
Qiku
QMobile
Qtek
Quantum
Ramos
Razer
Realme
Runbo
Sagem
Samsung
Sendo
Sewon
Sharp
Siemens
Silent Circle
Siswoo
Smartfren
Smartisan
Snopow
Sonim
Sony
Sony Ericsson
Spice
Star
Swipe
TCL
T-Mobile
Tel.Me.
Telit
Tengda
THL
Tianhe
Timmy
Thuraya
Toshiba
TP-Link
Ubro
Uhans
Uhappy
Uimi
Ukozi
Ulefone
UMi
UMiDIGI
Unnecto
Vargo
Vernee
Vertu
Verykool
ViewSonic
Vivo
VKworld
Vodafone
Voto
VPhone
Weimei
Wico
Wiko
Wileyfox
Wolder
Woxter
WND
Xcute
Xiaomi
Xolo
Yezz
Yota Devices
YU
Zoji
Zopo
ZTE

Nah semoga postingan "Kamu Harus Tahu" yang pertama ini bisa membuat dan menambah ilmu dan wawasan kita, khususnya di bidang teknologi. Semoga bermanfaat dan terima kasih, jangan lupa tonton video berikut :




Belum ada Komentar untuk "Sejarah Perkembangan HANDPHONE dan Smartphone"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel