Jalan Menuju Gunung Bibi Wonodoyo Boyolali

Baru - baru ini Media Sosial Instagram dibuat viral dengan fenomena pemandangan sangat cantik berupa tebing tinggi dengan latar Gunung. Diketahui, ternyata tebing ini berada di Wonodoyo di Lereng Gunung Bibi, pertanyaannya, dimanakah ini ?

GUNUNG BIBI

Bagi orang - orang dikawasan lereng Gunung Merapi dan Merbabu serta orang - orang disekitarnya, tidaklah asing dengan Gunung Bibi ini, namun bagi orang luar daerah Kabupaten Boyolali tentu saja bingung.

Gunung Bibi adalah sebuah bukit besar dan tinggi seperti Gunung berukuran kecil yang berada di sisi timur Gunung Merapi. Gunung ini jika dilihat dari arah timur seperti tak ada karena letaknya yang tepat didepan Gunung Merapi. Sedangkan jika dilihat dari arah lain, baru kelihatan bahwa Gunung ini memikiki jarak dengan Gunung Merapi dan seperti bukit yang terpisah dengan Gunung Merapi.

Gunung Bibi sendiri oleh masyarakat Boyolali dianggap sebagai Gunung yang akan melindungi penduduk sekitar jika merapi meletus,  karena lokasinya yang berada didepan Merapi. Gunung ini sekilas mirip sebuah tameng dan memang seperti aling - aling (penghalang) yang berada dibawah merapi.

WONODOYO

Nama Wonodoyo viral setelah nama ini muncul bersama nama Gunung Bibi yang selalu menjadi tag lokasi di Instagram.  Wonodoyo berasal dari kata Wono yang berarti hutan, dan juga Doyo yang berarti sebuah kekuatan tersembunyi. Tempat ini dulunya merupakan pintu gerbang timur Gunung Bibi yang digunakan untuk memulangkan atau menyembunyikan jin penguasa di Mataram menurut cerita dari Serat Pracimantoro.

Di Desa Wonodoyo sendiri, terdapat sebuah Dusun kecil sebagai Juru Kunci Gunung Bibi yang bernama Dusun Taring.

MENUJU DUSUN TARING

Hari itu, saya bersama teman saya yang bernama Tias menuju ke Desa Wonodoyo karena lokasinya tidak begitu jauh dari rumah kami. Kami dari arah Jalan Raya Solo - Semarang menuju Wonodoyo via Cepogo.

Setelah sampai di pertigaan Cepogo (jalan Boyolali - Selo) kami belok kiri ke arah Boyolali, kami berjalan pelan karena miris dengan kondisi Pasar Cepogo yang hangus terbakar tadi malam.

Setelah melewati Pasar Cepogo sekitar 300 meter dari pertigaan tadi, sampailah dijalan turun dan agak menikung. Kami ambil arah yang lurus dijalan kampung menuju Wonodoyo yang ternyata saya pernah lewat sini ketika mengunjungi Wisata Candi Sari.

Jalan menuju Wonodoyo naik terus, sehingga saya tidak boleh mengendorkan gas sepeda motor. Saya dan Tias tidak lewat Gedangan, jadi kami mengambil jalan yang lurus menuju Desa Wonodoyo, meskipun lokasi Bukit Viral yang kami cari lebih dekat ditempuh via Desa  Gedangan.

Sebelum Desa Wonodoyo

Kami melewati sebuah tempat yang begitu indah sebelum sampai di Desa Wonodoyo, sehingga kami foto - foto terlebih dahulu. Tempat ini begitu mempesona dengan view Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang begitu dekat.

Setelahnya kami sampai di Desa Wonodoyo yang juga Desa Tertinggi di kawasan Kecamatan Cepogo. Kami menemukan tulisan petunjuk menuju Tebing Viral yang ternyata bernama Tebing Mbanggi di Dusun Taring.

Lokasinya justru berada di bawah Desa Wonodoyo, yang tidak begitu jauh. Saya mendapati Tebing ini di sebuah pertigaan antara Desa Gedangan, Dusun Taring dan Desa Wonodoyo.

TEBING MBANGGI

Saya kurang tahu kenapa tempat ini dinamakan Tebing Mbanggi. Tapi tempat ini bagi saya dan tias malah terlihat menakutkan daripada terlihat mantap seperti di foto - foto hits Instagram.

Keren dan indah memang tiada duanya, hanya saja lokasinya menurut saya agak berbahaya jika turun hujan. Selain itu entah kenapa feeling saya, merasa bahwa tempat ini agak sakral sehingga kita harus sopan berada disini.

Tebing Mbanggi

Setelah selesai berkeliling mengambil foto dan video bersama Tias, saya istirahat sejenak di Jembatan yang ada disini. Nama Jembatan Jembatan Taring. Nah barulah setelah selesai beristirahat, kami melanjutkan perjalanan menuju Selo via Desa Wonodoyo - Desa Suroteleng.

RUTE MENUJU LOKASI

Nah berikut rute menuju lokasi bagi sobat - sobat semua yang menuju kesini agar tidak nyasar dan jarak tempuh tepat. Silahkan kesini via rumah sobat dari arah :

Sagen/ Wonogiri/ Solo/ Klaten / Purwodadi

Ikuti jalan menuju Simpang 5 Kota Boyolali dan ambil arah Selo. Setelah mendekati Pasar Cepogo, disebuah tikungan silahkan belok kiri menuju Desa Wonodoyo. Ketika mengikuti jalan, sobat akan menemukan pertigaan dengan plang Candi Sari & Desa Wonodoyo, sobat bisa lurus terus hingga Desa Wonodoyo atau lewat Gedangan.

Grobogan/ Kudus/ Demak/ Semarang/ Salatiga

Ikuti jalan menuju Pasar Ampel, dari Pasar Ampel sobat maju lagi sekitar 1 km kearah Solo. Kemudian akan ada jalan menurun, setelahnya jembatan, ambil kanan kearah Cepogo hingga sampai di Pasar Cepogo. Dari Pasar Cepogo sobat ambil arah Wonodoyo yang jalan masuknya berada di tikungan menurun setelah Pasar.  Ketika mengikuti jalan, sobat akan menemukan pertigaan dengan plang Candi Sari & Desa Wonodoyo, sobat bisa lurus terus hingga Desa Wonodoyo atau lewat Gedangan.

Magelang/ Purworejo/ Wonosobo/ Temanggung

Ikuti jalan ke Wisata Keteb Pass lalu ambil arah Selo. Kemudian ambil arah Pasar Cepogo mengikuti jalan turun Selo - Boyolali. Dari Pasar Cepogo sobat ambil arah Wonodoyo yang jalan masuknya berada di tikungan menurun setelah Pasar.  Ketika mengikuti jalan, sobat akan menemukan pertigaan dengan plang Candi Sari & Desa Wonodoyo, sobat bisa lurus terus hingga Desa Wonodoyo atau lewat Gedangan.

Jika sobat ingin jalan yang cepat tapi berkelok - kelok (sepeda motor) dan melewati wisata lainnya, sobat bisa melalui Pasar Selo kekanan melewati Alam Sutera dan Bukit Batur. Jalannya turun dan lebih dekat ke lokasi melewati Desa Suroteleng hingga Desa Wonodoyo, namun sobat harus banyak bertanya agar tidak kesasar.

VIDEO & FREE PRESET LIGHTROOM

Nah semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat - sobat semua yang akan menuju Bukit Mbanggi di Dusun Taring, Desa Wonodoyo di lereng Gunung Bibi, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali. Silahkan tonton video dibawah jika sobat penasaran dengan rute dan lokasi explorasi saya bersama tias. Jangan lupa Download Gratis preset lightroom Wonodoyo Gunung Bibi berikut, jika sobat sudah sampai disini ya.

Belum ada Komentar untuk "Jalan Menuju Gunung Bibi Wonodoyo Boyolali"