MY MAGELANG 2017 - Sebuah Perjalanan Kecil

Berbicara tentang Magelang, Wilayah yang menjadi bagian dari Provinsi Jawa Tengah ini benar - benar begitu istimewa. Bagaimana tidak, jika anda menelusuri Pariwisata nya, anda akan dibuat takjub dengan banyaknya Destinasi Wisata cantik yang tersembunyi di Magelang ini, seakan tak pernah habis dan tak dapat anda kunjungi dalam waktu singkat.

Di penutup tahun 2017 ini, saya akan mencoba menggali kembali kenangan indah di Magelang yang tak lekang oleh waktu, dengan harapan saya bisa mengenalkan, menjaga dan ikut melestarikan Pariwisata Lokal di Magelang dan semoga tahun depan saya bisa mengunjungi Wisata Magelang lebih banyak lagi.

Air Terjun Sumuran\\

Berada di sebuah wilayah yang diapit oleh bukit - bukit dan pegunungan, sebuah Desa kecil yang tersembunyi dibalik tebalnya kabut seakan tak bisa melepaskan pandangan mata. Desa ini begitu cantik berderet dan berkerumun, terlihat makmur dan adem jika kita melihatnya dari kejauhan.

Sebuah papan penunjuk memberhentikan laju motor saya, membuat diri ini sadar bahwa di Desa yang tadi terlihat begitu asri ternyata menyembunyikan surga tersembunyi bernama Air Terjun Sumuran.

Air Terjun Sumuran

Mengikuti jalan batu halus menuju pedesaan, mendengarkan teriakan anak kecil yang begitu bahagianya menjadi anak desa. Sesekali saya tersenyum, membalas raut muka para penduduk Desa yang begitu ramah dengan sapaan lembutnya, " Bade teng pundi mas ?, monggo mampir " salah satu ucapan mereka yang selalu teringat di hati ini.

Akhirnya sampai juga di Air Terjun Sumuran, atau bisa disebut juga Seloprojo. Air Terjun ini berada di Desa Seloprojo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Air Terjun yang satu ini sangat unik, mengalir dari pegunungan dengan lubang melingkar dibawahnya yang mirip seperti sumur, sehingga oleh masyarakat sekitar disebut juga Air Terjun Sumuran.

Saya berjalan melewati jembatan kecil didepan Air Terjun, sejenak merenungi keindahan alam yang terpampang di hadapan saya. Kabut masih menutupi bagian atas Air Terjun ini, menyembunyikan ujung atasnya yang berada di ketinggian. Saya berjalan menjauh dan menuju hutan, disini pohon - pohon pinus memanjakan mata saya dengan jajaran rapinya. Naik, menyusuri papan petunjuk bertuliskan Air Terjun Ngesong, melewati rerumputan hijau dan bambu, hingga sampai di lokasi. Air Terjun Ngesong sedikit agak jauh dari Air Terjun Sumuran, walau begitu Air Terjun perawan ini juga memiliki daya tarik alami yang tak kalah indahnya. Bambu - bambu yang menutupi malah mirip bingkai yang memperjelas keadaan Air Terjun Ngesong yang seperti jarang tersentuh, mungkin karena lokasinya yang agak jauh dari Air Terjun Sumuran.
Kabut kembali mengingatkan saya untuk kembali, sehingga langkah kaki ini tergerak dan kembali berhenti dihadapan Air Terjun Sumuran yang kini kehilangan kabutnya. Dihadapanya sang surya menyapa dengan senyumnya, sehingga sayapun ikut terdiam mengabadikan Air Terjun ini dalam sebuah catatan kecil dan foto.

Air Terjun Sekar Langit\\

Nama Sekar = Bunga dan Langit = Langit seakan sudah menyihir saya untuk segera menemuinya. Disore hari sepulang kerja, dari arah Salatiga saya nekat menuju Wisata ini walaupun belum tahu lokasi detailnya. Hanya gas motor yang menemani kerinduan ini menuju Air Terjun Sekar Langit yang belum pernah saya lihat.

Kali ini sedikit gerimis, langit kelabu kembali menyisipkan kabutnya di perjalanan amatir saya menuju wilayah di pojok Magelang. Melewati jalan berkelok - kelok dan turunan tajam, sembari berharap segera sampai di tujuan. Setelah berkendara kurang dari 1 jam, akhirnya sampai juga di lokasi yang berada belokan jalan.

Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit, pertama kali terpikir untuk kesini disaat menelusuri Daftar Wisata Magelang. Saya langsung tertarik dengan nama cantiknya, mungkin Air Terjunnya pun juga sangat indah dan sampailah disini seperti ini.
Masuk melewati Gerbang Wisata, menapaki jalan kecil yang masih ramai dengan para pengunjung baik anak - anak, muda - mudi maupun orang tua. Jalan kecil ini sudah dicor dengan rapi, sehingga para pengunjung juga nyaman disini. Dikhir jalan cor yang di kelilingi bambu - bambu besar, disana terdapat jembatan gantung yang unik dengan warna mencoloknya. Sesaat saya berhenti di jembatan kuning ini seraya melihat aliran deras sungai yang berduet dengan suara Air Terjun yang belum terlihat. Lalu saya mulai bergerak melewati jalan teduh yang berada dibawah naungan pohon - pohon bambu.

Sampailah saya di Air Terjun Sekar Langit ini, airnya begitu deras dan amat jernih. Sesuai namanya, Air Terjun Sekar Langit yang memiliki 2 tingkatan ini menimbulkan buih - buih kecil yang mirip bunga jatuh dari atas, sehingga nama Sekar pun melekat dengan Langit yang merupakan jatuhnya buih dari atas.

Air Terjun Sekarlangit mengalir dari Gunung Telomoyo, disaat hujan para wisatawan dilarang mendekati area Air Terjun karena bisa terjadi banjir sewaktu - waktu. Air Terjun Sekar Langit berada di Desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Dekatnya lokasi wisata dengan pegunungan membuat Air Terjun ini didatangi kabut walau tidak sering. Hawa dingin nya juga bisa membuat anda merasa sejuk berada disini. Hal itu juga yang mebuat saya kesini lagi pada waktu yang berbeda.

Air Terjun Kedung Kayang\\

Air Terjun Kedung Kayang adalah salah satu Air Terjun favorit saya, terhitung 4x saya kesini waktu duduk dibangku SD, SMP, SMK sampai terbaru 2 bulan yang lalu. Air Terjun ini telah berevolusi menjadi lebih baik dan modern kini. Terbukti dengan akses ke lokasi Air Terjun yang sekarang sudah bagus baik kenyamanan perjalanannya maupun keamanannya.

Destinasi Wisata ini juga semakin lengkap dengan adanya Gazebo - Gazebo yang siap memanjakan pengunjung meski belum sepenuhnya selesai. Beberapa warung juga terlihat bertambah dan semakin ramai. Spot Foto yang kini disediakan untuk menarik muda - mudi pun juga ikut meramaikan Wisata ini.

Air terjun Kedung Kayang

Dulu saya tidak memiliki rasa lelah hingga bolak - balik naik - turun untuk melihat Air Terjun dari bagian atas dan bagian bawah dengan menyusuri sungai. Kini sedikit berpikir 2x untuk menyaksikan keindahan Air Terjun ini dari bawah.

Tatkala gerimis, Air Terjun yang berlokasi di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah ini juga menyewakan payung dengan berbagai pilihan warna menarik. Rasanya begitu terkenang ketika memakai payung bersama seseorang dengan kabut tipis yang mengikuti. Walapun sedikit bebas, saat kondisi hujan, Wisatawan tetap dilarang turun menyusuri sungai untuk menjaga keamanan dan menghindari hal - hal yang tidak diinginkan.

Keteb Pass\\

Nah bisa dibilang ini Keteb Pass adalah awal mula ketika saya mengenal apa itu yang dinamakan berwisata. Ketika itu saya masih kelas 5 SD, dan saat itu ada acara piknik dari Sekolah. Membayangkan kala itu saya dan kawan - kawan naik mobil Pick Up terbuka, berdesak - desakan satu sama lain dan bergembira di sepanjang jalan meski berakhir dengan muntah. Saat itu Keteb Pass baru saja dibangun dan saat itu juga saya tahu apa yang dinamakan Wisata.

Keteb Pass

Sekarang Wisata yang berlokasi di Desa Keteb, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah ini telah mengalami perubahan yang signifikan. Fasilitas seperti Mushola dan Toilet juga lebih bersih dan modern. Terdapat Mini Resto dan Taman juga serta semakin bertambah banyaknya Warung - Warung baik didalam kawasan Wisata maupun diluar kawasan Wisata.
Keteb Pass juga menjadi Wisata Populer dan diburu oleh Wisatawan dari luar daerah.

Top Selfie Pinusan Kragilan\\

Awal tahun 2017 saya mengawali jalan - jalan di Magelang setelah menghadiri acara pernikahan saudara saya, dan di acara itu juga saya dipertemukan dengan calon istri saya, hmm Magelang penuh kenangan.

Ini dia Top Selfie Pinusan Kragilan, atau disingkat TSPK. Lokasinya mudah ditemukan, karena tepat di pinggir jalan utama, di tambah suasana asri hijaunya pepohonan dan uniknya kegiatan masyarakat setempat.

Top Selfie Pinusan Kragilan ( TSPK ) berlokasi di Dusun Kragilan, Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Wisata ini dikelola dan dikembangkan sendiri oleh Warga setempat di dusun Kragilan, dari konsep serta susunan struktur organisasinya.

Top Selfie Pinusan Magelang

Wisata ini mengusung konsep Alam dengan ciri khas unggulan nya yakni Pohon Pinus yang tertata rapi serta sangat rimbun yang semakin menambah hawa sejuk disini. Selain itu juga dibuatkan spot - spot untuk berfoto, terutama selfie. Bagi anda yang berkunjung kesini mungkin akan sedikit kaget dan senyum - senyum sendiri. Bagaimana tidak, setiap anda berjalan dari satu tempat ke tempat lain pasti anda akan menemukan orang - orang yang berfoto ria dengan kamera.

Fasilitas seperti Toilet dan Mushola juga ada. Hmm untuk Warung ?... hehehe, banyak sekali disini jadi anda tak perlu kawatir lapar ya. Selain itu juga banyak yang jualan pakai motor kok. Pokoknya santai deh, mau yang anak - anak maupun yang masih muda juga pada santai disini. Pastinya anda harus jalan kaki dari satu spot ke spot lain,tapi deket kok.

Untuk Spot - spot foto, nah ini juga sangat banyak, disiapkan bagi anda yang bosan dengan satu spot saja. Ada flying fox juga, tempat duduk di atas pohon, serta yang paling baru adalah pijakan bertuliskan I LOVE YOU yang lagi nge tren. Bagi anda yang tertarik kesini untuk berkunjung sailahkan kapan saja dan pasti banyak temen disini kok, karena ramai sekali, terutama pada hari Minggu dan liburan.

Merbabu Pass\\

Pagi - pagi berangkat jam 9 dari arah Boyolali, bersama tiga teman, saya meluncur ke lokasi yang saya sendiri belum mengetahui lokasi tepatnya. Akhirnya saya berhenti di warung beli camilan sambil bertanya lokasi detailnya, jawaban pemilik warung adalah "sampean kebablasn mas, niko lho mlebu gerbang wekas". Nah dari situ akhirnya saya sadar daan segera mengajak teman-teman saya naik menuju wekas yang juga merupakan jalur pendakian Gunung Merbabu di wilayah Magelang.
Merbabu Pass

Mengikuti petunjuk yang ada, akhirnya saya, restu, sigit dan warjo sampai juga di lokasi. Area parkir berada disamping jalan cor menuju Merbabu. Terlihat beberapa pendaki yang turun Gunung dan menyapa dengan ciri khas "monggo mas".

Merbabu Pass sendiri dibuka pada Maret 2017, sehingga belum banyak orang yang tahu tentang wisata baru ini, yah walau begitu sebentar lagi pasti booming kok.

Dari Wisata Merbabu Pass, kita bisa melihat pedesaan yang begitu asri dari atas. Gardu Pandang yang disediakan semakin menambah mantap foto yang anda ambil dari tempat ini. Gunung Andong dan Telomoyo terlihat begitu indah ditemani 2 gunung tinggi disebelahnya, siapa lagi kalau bukan Sumbing-Sindoro. Tulisan Merbabu Pass berukuran raksasa ala tulisan Hollywood pun dibangun dan dipajang membelakangi Gunung Merbabu dengan view yang begitu mempesona di depannya.

Sesekali akan ada kabut naik yang semakin menambah hawa sejuk Wisata ini dan jangan kaget bila anda mendengar suara angin yang mirip badai karena sudah menjadi ciri khas Gunung Merbabu.

Wisata Grenden\\

Nah ceritanya, saya dan keempat teman saya melanjutkan untuk explore Kecamatan Pakis, dan tiba juga di Wisata Grenden setelah sebelumnya muter balik kebablasan.
Wisata Grenden - Pakis adalah salah satu wisata populer di Kabupaten Magelang dengan pemandangan indah Gunung Merapi. Berada di lereng Gunung Merbabu setinggi 1600 Mdpl, kita bisa melihat Gunung Merapi dan rumah - rumah penduduk dari kejauhan.

Wisata Grenden

Spot yang sering diburu oleh pecinta selfie yakni Hutan Pinus, Tebing Batu Rembesan, Titik Pandang dan Rumah Kurcaci. Lokasi Wisata yang berada di Dusun Grenden, Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah ini memang menjadi alternatif ke 2 bagi Wisatawan yang berkunjung  Wisata di Kecamatan Pakis.

Bukit Rhema Rumah Doa\\

Bulan Ramadhan memang bulan puasa, walau begitu kegiatan untuk jalan - jalan juga tal boleh kalah. Karena sangat langka bisa bertemu sobat - sobat hebat saya yang bekerja di Kalimantan, akhirnya mereka saya ajak berkeliling menuju Wisata Magelang.

Bukit Rhema
Bukit Rhema atau dulunya disebut Gereja Ayam ini adalah salah satu andalan pariwista di Kecamatan Borobudur. Wisata yang kini menjadi Rumah Doa ini juga semakin ditingkatkan dengan beberapa pembangunan kecil untuk membuat wisata ini semakin nyaman dikunjungi. Berlokasi di Dusun Kurahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Wisata ini bahkan dijadikan lokasi syuting film AADC 2.

Tempat ini juga sedang dalam tahap pembangunan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan para Wisatawan.

Rumah Pohon Pandawa 5\\

Nah dari Bukit Rhema lanjut menuju Rumah Pohon Pandawa 5 yang berada ditengah - tengah hutan. Masih masuk wilayah Karangrejo, tempat ini dinamakan Rumah Pohon Pandawa lima.

Rumah Pohon Pandawa Lima

Berada di atas pohon dengan pemandangan Bukit Menoreh dan dikelilingi alam yang hijau menjadikan tempat ini wajib anda kunjungi. Didekatnya merupakan Punthuk Setumbu serta Sunrise Purwosari Hill, sehingga Rumah Pohon ini berada di jalur yang strategis. Masuk wilayah Dusun Kurahan, Kabupaten Magelang.

Punthuk Setumbu\\

Nah dari Rumah Pohon Pandawa 5, saya dan kawan - kawan lanjut ke Punthuk Setumbu yang  masih satu jalan. Punthuk Setumbu (Borobudur Nirvana Sunrise)merupakan tujuan wisata yang patut diacungi jempol dengan pemandangannya yang spektakuler, wajar jika banyak turis asing mampir disini.

Punthuk Setumbu

Dari bagian ujung Punthuk Setumbu, telihat pemandangan indah Candi Borobudur yang nampak kecil. Wisata ini berada di deretan Pegunungan Menoreh, diatas bukit dengan tinggi sekitar 400 meter. Kini Wisata ini dilengkapi spot foto unik sehingga ketika anda datang kesini pada siang haripun, anda masih bisa menikmati teduhnya wisata ini. Namun jika anda berencana kesini untuk menyaksikan sunrise, datanglah pagi pagi sekali, seperti Rangga dan Cinta dalam film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2. Tempat ini pun masih satu wilayah dengan Rumah Pohon.

Wisata Mangli\\

Nah sekitar satu bulan yang lalu, saya berkunjung ke rumah teman saya yang berada di  Magelang, tepatnya di Kaliangkrik.

Mangli merupakan wisata alam yang di ketinggian, yang letak geografisnya berada di sisi timur Gunung Sumbing. 3 Dusun yang menjadi bagian dari Desa Mangli memiliki penduduk yang berprofesi sebagai petani di kesehariannya.

Wisata Mangli

Wisata Mangli menghadirkan pemandangan yang indah dengan nuansa pegunungan, ditambah dengan beberapa gardu pandang serta spot foto. Lebih naik lagi ada juga Air Terjun dan Hutan Pinus yang semakin melengkapi pesona tempat ini. Wisata ini masuk wilayah Kaliangkrik.

Curug Sikencling\\

Terakhir, setelah dari Mangli saya lanjut ke Curug Sikencling yang berada tidak begitu jauh dari lokasi.
Curug yang berada di Desa Dampit, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, ini juga memiliki pesona keindahan yang luar biasa. Perjalanan menuju lokasi memang jauh, tapi hal itu akan terganti dengan indahnya pemandangan Curug.

Curug Sikencling

Air Terjun ini juga memiliki banyak spot foto selfie serta gardu pandang unik dan sangat tinggi sekali. Saya waktu naik ke Gardu Pandang ini juga sedikit takut, namun mau tak mau saya harus berusaha dan kuat haha.

Nah itu tadi kenang - kenangan saya di Magelang, terima kasih untuk sobat - sobat saya yang telah membuat tahun 2017 ini menjadi lebih berarti dan berwarna.

My Magelang 2017.

Artikel ini saya persembahkan untuk Lomba Blog Wisata Magelang 2017.

Belum ada Komentar untuk "MY MAGELANG 2017 - Sebuah Perjalanan Kecil"