NGEBLOG - Berkarya lewat Tulisan



Yuk Ngeblog

Di zaman yang semakin maju seperti ini, istilah Blog sudah tidak asing lagi di telinga, berbeda dengan 8 tahun yang lalu ketika saya masih menginjak bangku SMK awal. Bahkan waktu itu di satu sekolah hanya saya dan satu guru TIK saya yang memiliki akun Facebook. Nah yuk baca pengalaman ngeblog saya.


Ngeblog Cover


Saya sendiri sekolah SMK jurusan Teknik Mekanik Otomotif, meski begitu saya lebih berminat pada Komputer. Istilah internet muncul di dalam sebuah Buku Pelajaran SMP saya waktu itu, bahkan saya tidak tahu Internet itu apa. Sehingga suatu hari saya memberanikan diri masuk kedalam sebuah Warnet dengan agak malu - malu dan canggung. Hal pertama yang saya kenal di layar Komputer Jadul saat itu adalah penelusuran gambar Google, dan yang saya cari saat itu adalah gambar - gambar Manga Naruto karena saya suka dengan Anime tersebut dan mengoleksi Komik nya dirumah.

Saya jadi sering ke Warnet setiap pulang sekolah, sedikit demi sedikit mengubah kebiasaan saya yang sering main PS2 Game Petualangan. Kala itu 1 jam cukup membayar Rp.3000 saja. Lalu saya mulai mengenal Email. Istilah Blog sudah saya dengar namun saya tak paham dan tak begitu menanggapinya.

Setelah masuk SMK saya jarang ke Warnet, tapi karena saudara laki - laki saya Kuliah jurusan FTI, saya jadi banyak belajar darinya setiap pulang sekolah. Dia juga yang mengenalkan Facebook, Game RPG pada saya. Setiap hari saya selalu berada di depan layar Komputer sampai tengah malam hanya untuk terhubung ke Internet yang kecepatan nya untuk membuka halaman saja membuat saya menunggu lama. Disitu saya mulai membuat Blog untuk sekedar coba - coba membuat tulisan - tulisan kecil.

Setelah lulus sekolah Facebook mulai banyak dikenal dan digunakan, sangat ramai pengguna. Saya agak jarang Online karena Saudara saya lulus Kuliah sehingga saya harus ke Warnet bila ingin Online.

Setelah saya mendapat pekerjaan di sebuah Bengkel saya bisa sedikit lega karena saya punya Handphone Nokia N70 yang lumayan mudah untuk digunakan membuka Facebook dan Internet. Seiring berjalan nya waktu Teknologi Android mulai berkembang dan populer. Saat itu saya harus Kredit Handphone untuk memiliki sebuah Handphone baru karena Nokia N70 saya hilang. Handphone baru saya atau lebih tepatnya Smartphone adalah produk Android pertama dan seri terakhir Nokia, yakni Nokia XL.

Dari Smartphone Nokia XL, saya mulai menjelajah internet dan mulai paham tentang Dunia Internet. Beberapa akun Sosial Media pun saya buat dan saya coba untuk belajar mengenai fungsi dan manfaatnya. Instagram adalah Sosial Media yang sepertinya mengubah banyak hal dari saya, disaat Facebook sedang ramai - ramainya dan mulai diserbu oleh banyak kalangan baik dewasa, remaja bahkan anak kecil pun ada yang punya. Saya mulai mengenal Instagram yang saat itu bagi saya begitu susah untuk berkomunikasi lewat Sosial Media yang satu ini. Didalamnya berisi foto - foto yang sangat bagus dan keren. Lewat Instagram saya mulai mendapatkan banyak kenalan setelah bergabung kedalam Komunitas Fotografi Ponsel, Mataponsel dan Gadgetgrapher. Setelahnya saya juga bergabung kedalam Komunitas Editing Ponsel, Dekradakz. Saya yang awalnya menyukai dan mempelajari teknik - teknik fotografi ponsel kini mulai belajar dan menguasai teknik editing foto melalui ponsel. Saya mulai mengenal Fitur, yakni sebuah foto yang dikirim ulang oleh akun tertentu untuk mengapresiasi foto kita, dan sejak saat itu saya mulai menjadikan fitur sebagai tolak ukur kualitas foto saya. Saya mulai ikut menjadi member Komunitas Editing luar negeri yang selalu terhubung lewat aplikasi Line dan ternyata ada juga member senior yang dari Indonesia juga. Saya mulai ikut Event lomba foto di Instagram yang saat itu masih jarang sekali diselenggarakan, dan walau sering kalah ada beberapa juga yang menghasilkan. Saya mulai dilirik untuk menjadi Moderator di Akun Fitur luar negeri, komunikasi Bahasa Inggris adalah ucapan setiap hari walau tak selancar ahli bahasa inggris. Namun saya cukup senang mengingat dulu saya pertama kali mengenal Bahasa Inggris waktu SMP dan saya di bully karena teman - teman saya sudah lancar karena di ajari sejak SD dan saya selalu salah dalam mengucapkanya. Ya tapi hal itu yang mendorong saya untuk terus belajar sehingga saya malah menjadi murid favorit Bahasa Inggris. Bahkan ketika saya menemukan tulisan Bahasa Inggris di Koran, Game PS 2, dan Rambu - Rambu lalu lintas saya segera mencatat kosakatanya dalam buku khusus saya.

Dari Smartphone baru hasil Hadiah, saya jadi tahu perbedaan Smartphone dengan spesifikasi tinggi dan biasa, sehingga saya kembali mendapatkan Hadiah tapi sebuah Camera Action. Bagi saya Hadiah adalah sebuah rezeki, sehingga saya harus memaksimalkan nya dan memanfaatkanya. Saya mulai belajar menggunakan Camera Action tersebut untuk mencoba membuat Video Dokumentasi hobi jalan - jalan saya lalu mengunggahnya di Youtube. Sembari belajar You Tube saya juga mencoba belajar BLOG dalam arti yang sesungguhnya dan ternyata Blogging tak sesimpel yang dilihat. Saya mengerjakan Blog pribadi saya 3 Bulan hanya untuk mempelajari menu Dropdown, Breadcrump, Kode - kode javasript dan sebagainya. Memang sangat sulit, tapi saya sabar dan belajar pelan - pelan. Akhirnya saya bisa menggunakanya seperti yang saya harapkan, hobi jalan - jalan saya bisa saya tuangkan dalam Video di Youtube dan Artikel di Blog. Selain membantu mengenalkan Objek Pariwisata Lokal dan ikut mengenalkan dan mempopulerkanya, saya juga merasa mendapat ilmu baru yang tak saya dapatkan di Bangku Sekolah.

Saya mulai menulis artikel di Blog lewat Smartphone, meski untuk mengedit HTML sepertinya memang belum mumpuni jika lewat Smartphone, namun saya yakin suatu hari nanti Smartphone pasti lebih canggih dan bisa berfungsi sama layaknya Komputer Mini yang bisa dibawa kemana - mana. Nah ternyata yang namanya Manusia kadang bila menemukan kebiasaan baru sedikit demi sedikit melupakan kebiasaan lama. Ilmu Fotografi dan Editing Smartphone saya ternyata belum saya bagikan ke sobat - sobat semua, dan lewat Blog ini saya ingin dan berusaha membagikan apa yang saya tahu tentang Dunia Fotografi/ Videografi Smartphone ke sobat - sobat semua. Semoga Bermanfaat kedepan nya.

Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "NGEBLOG - Berkarya lewat Tulisan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel