SPOT FOTO RUMAH ETNIK WISATA ALAM PERANTUNAN BANDUNGAN SEMARANG

Musim hujan belum mereda, begitu juga corona. Namun apa daya jika panggilan berwisata dan bersatu dengan alam mulai menerpa, yasudahh mlimpir sebentar cari angin segar hehe. Bicara refreshing, berwisata namun yang aman dan memenuhi protokol kesehatan, disini tempatnya - Wisata Alam Perantunan.

SPOT FOTO RUMAH ETNIK WISATA ALAM PERANTUNAN BANDUNGAN SEMARANG


OTW BANDUNGAN

Hari itu saya bersama keluarga memutuskan untuk refreshing mencari Destinasi Wisata di Kabupaten Semarang dengan kategori Wisata Alam, karena untuk alam pastinya identik dengan air, baik air terjun maupun danau ataupun hutan, baik gunung maupun kaki gunung. Akhirnya kami sekeluarga langsung cuss ke Kecamatan Bandungan, karena disinilah salah satu Gunung berdiri kokoh yakni Gunung Ungaran dan disini pula surga wisata Kabupaten Semarang melimpah ruah.

Kami melaju dari arah Ambarawa, mengikuti Maps dengan keywords "Wisata Perantunan". Ancer - ancernya cukup jelas, yakni Pasar Tradisional Bandungan, sebuah pasar kecil yang dikelilingi jalan memutar yang menghubungkan jalan Temanggung/ Kendal, Magelang/ Boyolali dan Semarang/ Purwodadi. Pasar ini berada didepan Kantor Kecamatan Bandungan, dan bersebelahan dengan Wisata New Bandungan Waterpark.

 

OTW PERANTUNAN

Nah dari Pasar Bandungan, sobat pilih jalan naik kearah Gunung Ungaran (jangan mengikuti Jalan menuju Sumowono, Bergas maupun Ambarawa). Tepatnya jalan naik menuju arah yang sama dengan Wisata Susan Spa, namun nantinya sobat tetap lurus.

Lumayan jauh juga naiknya dari arah Pasar Bandungan, kira - kira sekitar 6 menit sampailah di sebuah pertigaan bertuliskan Gintungan, yang memungkinkan ini adalah nama sebuah Dusun setempat. Sobat ambil jalan kekiri dan terus naik menuju lokasi.

Setelah melewati area perkampungan, sobat akan menjumpai plang bertuliskan Wisata Perantunan. Nah ikuti saja ya hehe, tapi hanya bisa dilewati dengan motor, sehingga untuk mobil hanya bisa parkir dibawah.

 

KEBUN BUNGA MAWAR MENUJU PERANTUNAN

Menyusuri jalan cor kecil yang terus naik, rasanya hmmm deg - deg ser, tapi terpuaskan dengan view disebelah kanan dan kiri jalan berupa Kebun Bunga Mawar yang berwarna - warni. Ditambah view Gunung Ungaran yang sangat dekat sekali serasa beberapa langkah menuju puncak.

 

SPOT FOTO RUMAH ETNIK WISATA ALAM PERANTUNAN BANDUNGAN SEMARANG


Jika sobat menoleh kebelakang, akan terlihat pemandangan Danau Rawapening dan deretan pegunungan yakni Gunung Kelir, Kendil, Telomoyo, Gajah dan Merbabu.

Sekitar 2 menit menyusuri jalan ditengah kebun bunga mawar ini, sampailah di Gerbang masuk Wisata Perantunan.

 

SPOT RUMAH LILIPUT

Untuk tiket masuk sebesar Rp. 5000 per orang. Dari tulisan tiket dapat saya ketahui kalau lokasi wisata ini masuk wilayah Perum Perhutani KPH Kedu Utara, sedangkan untuk pengeolaannya oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan Wono Sentoso. Para pengunjungpun sudah dilindungi oleh asuransi Amanah Githa.

Masuk lokasi wisata langsung disambut burung merpati putih yang lumayan banyak, ternyata memang dipelihara disini, terdapat rumah burung merpati di sebelah kanan Rumah Pertemuan. 

Beberapa Gardu pandang baik Gardu Pandang yang terlihat lama maupun baru terletak dibeberapa lokasi. Terlihat beberapa Ayunan Kayu dan juga Gazebo Bambu yang mulai rapuh, jika dilihat - lihat Wisata ini dulunya mungkin sudah lama ada namun belum begitu berkembang, dan baru sekarang digarap serius oleh pengelola setempat.

 

SPOT FOTO RUMAH ETNIK WISATA ALAM PERANTUNAN BANDUNGAN SEMARANG

 

Salah satu spot foto unik, hits dan populer di sosial media adalah spot foto Rumah Liliput, sebuah rumah unik bergaya etnik yang berjajar empat bagian berbentuk segitiga dibawah pepohonan hijau.

Rumah unik ini terbuat dari tatanan kayu ranting pohon sebagai susunan utamanya, sedangkan atapnya sekilas seperti memakai jerami.


INFO WISATA

Nama : Wisata Alam Perantunan.

Lokasi : Gintungan, Bandungan, Kab. Semarang.

Maps : Wisata Prantunan.

HTM : Rp. 5000 (motor).

Sosial Media : WisataAlamPerantunan_Bandungan.

Wisata Terdekat : I'Ampel Gading Homeland, Umbul Sidomukti dan Candi Gedongsongo.

 

Bagi sobat yang kepo dan pingin lihat visual Destinasi Wisatanya, silahkan tonton video dibawah.



Belum ada Komentar untuk "SPOT FOTO RUMAH ETNIK WISATA ALAM PERANTUNAN BANDUNGAN SEMARANG"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel