Berkunjung Ke Makam Pangeran Samudro - Gunung Kemukus Sragen

Banyak berita, kabar dan artikel bahkan saya pernah mendengar sendiri terkait Gunung Kemukus waktu saya masih remaja. Namun hal itu saya kesampingkan saja karena saya pikir, dimana ya itu lokasinya ?, begitulah yang ada dibenak saya. Namun semenjak saya menjadi warga Grobogan, saya baru sadar bahwa saya selalu melewatinya ketika melaju dari arah Gemolong menuju Purwodadi. Dan akhirnya saya sempatkan mampir di Gunung Kemukus.
Berkunjung Ke Makam Pangeran Samudro - Gunung Kemukus Sragen


JEMBATAN CANTIK

Tak banyak yang tahu, bahkan saya. Ternyata dari jalan masuk dari Jalan Raya Sumberlawang lumayan dekat. Tapi bukan itu yang saya kagetkan, namun sekitar 500 meter dari Jalan Raya tadi, terdapat jembatan yang sangat panjang sekali. Jembatan ini sangat indah menurut saya, selain berhiaskan bangunan motif setengah Gunung di Pewayangan, jembatan ini juga dicat dengan warna yang menarik. Jembatan ini kira - kira sepanjang 1 km atau 700 m, diatas sungai yang mungkin merupakan aliran dari Waduk Kedungombo, karena ukuran sungai lumayan luas. 

Jika dilihat - lihat, ternyata ada nelayan lho disini. Saya melihat ada orang memancing dan ada orang sedang menjaring ikan di sungai ini. 


CUACA PANAS

Entah karena saya datang kesiangan, atau karena memang beginilah udara - udara Sragen yang tak jauh beda dengan Purwodadi, panas dan gerah. Sebelum masuk kami cek suhu tubuh terlebih dahulu, baru kemudian dipersilahkan masuk untuk parkir. Sebenarnya sepeda motor bisa naik sampai di atas dengan melewati jalan memutar, namun saya putuskan untuk parkir didekat tempat tiket dan menata peralatan dahulu karena saya membawa 2 orang balita hehe. Itung - itung ini juga istirahat, karena kasihan sama baby Bee yang masih berumur 2 bulan.

Ingin rasanya membeli es teh, tapi nanti malah kembung kalau dipakai berjalan untuk naik, hmm akhirnya minum es teh nya ditunda dulu deh, yukkk naik.

 

PULUHAN TANGGA

Terdapat plang bertuliskan Sendang Ontrowulan dan Makam Pangeran Samudro, saya langsung menuju tangga kearah Makam, hmmm tangganya tinggi banyak sekali ya hehe. Kalau dilihat - lihat ada sekitar puluhan tangga naik menuju Makam. Tapi sobat tidak perlu khawatir, tangga naik ini jaraknya pendek - pendek sehingga tidak membuat kaki sobat lelah. Baby Schiff aja 1,5 tahun udah naik sendiri lho hehe.

 

Berkunjung Ke Makam Pangeran Samudro - Gunung Kemukus Sragen
Tangga Naik Menuju Makam Pangeran Samudro

Selain itu disetiap jarak tertentu, terdapat anak tangga yang luas yang bisa sobat gunakan untuk istirahat. Pastinya ada juga pegangan di samping kiri dan kanan tangga kok.


TEMPAT TEDUH

Nah setelah sampai di atas, wahh udaranya beda lhoh sobat. Di atas sini udaranya sejuk dan adem. Ditambah lagi angin sepoi - sepoi yang menerpa, hehe jadi makin syahdu. Di depan gerbang menuju area makam terdapat tempat cuci tangan, disampingnya terdapat pendopo yang diberi tanda jaga jarak.

Saya dan keluarga langsung masuk melewati gerbang setelah selesai cuci tangan. Semakin banyak pepohonan yang rimbun di area dekat makam. Selain itu pohon - pohon ini juga dililit dengan kain berwarna merah dan terdapat beberapa tulisan sakral di beberapa tempat.

Berkunjung Ke Makam Pangeran Samudro - Gunung Kemukus Sragen
Cuci Tangan

Area makam lumayan luas dan berada di dalam sebuah bangunan yang mirip rumah. Sesekali terdapat pengunjung yang datang setelah berbicara dengan juru kunci yang duduk didekat pintu makam. Saya sendiri dan keluarga cuma berjalan - jalan di samping dan depan area makam, kami tidak masuk kedalam karena membawa anak kecil yang sedang senang - senangnya bermain, jadi kami tetap diluar agar tidak mengganggu suasana khidmat para peziarah.

Setelah itu kami turun dan tak lupa beli es teh dulu ditempat parkir. Sambil istirahat, saya sempatkan menerbangkan Drone untuk mengabadikan Jembatan yang saya lewati tadi. Sebenarnya saya penasaran dengan Sendang Ontrowulan yang tak jauh dari tempat parkir, namun saya kasihan sama anak - anak, sehingga saya segera melanjutkan perjalanan menuju Purwodadi.

Bagi sobat yang penasaran dengan asal mula Gunung Kemukus, Sejarah Pangeran Samudro dan Sendang Ontrowulan, silahkan baca arikel dari Dinas Pariwisata Sragen ini dan silahkan lihat video saya berkunjung di Wisata Religi ini dibawah.


 




Belum ada Komentar untuk "Berkunjung Ke Makam Pangeran Samudro - Gunung Kemukus Sragen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel